Find Us On Social Media :

Inilah Enam Manfaat Tersenyum Bagi Kesehatan Fisik dan Mental Kita

By Ilham Pradipta M., Kamis, 21 Juli 2016 | 11:00 WIB

Inilah Enam Manfaat Tersenyum Bagi Kesehatan Fisik dan Mental Kita

Intisari-Online.com – Kabar baik bagi Anda yang suka tersenyum! Ternyata, tersenyum memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental kita. Salah satunya mengurangi stres. Lalu, apa saja manfaat yang bisa ditawarkan dari sebuah senyuman? Berikut selengkapnya:

1.Mengurangi stres. Dalam sebuah studi yang diterbitkan jurnal Psychological Science dijelaskan, tersenyum dapat mengurangi substansial dalam denyut jantung, dan pemulihan stres yang lebih cepat dibandingkan dengan ekspresi yang datar.

 2. Memubat kita lebih didekati. Studi dari Penn State University mengatakan kalau senyuman dapat memberikan kesan positif pada orang lain. Studi itu melakukan percoban pada sebuah industri jasa.

Pelanggan di industri tersebut cukup puas karena karyawannnya yang ramah dan menyenangkan. Namun, kepuasan itu makin bertambah ketika para karyawan memberikan senyuman pada para pelanggang.

3. Baik untuk otak. Kebiasaan tersenyum membantu pikiran kita pindah ke ‘ruang’ yang lebih positif. Shawn Achor, penulis The Happiness Advantage berkata, jadikanlah senyuman bagian dari latihan kita sehari-hari. Soalnya, tersenyum bisa membantu otak kita untuk merangsang rasa bahagia dan mendorong berpikir positif.

4. Memperkuat sel tubuh. Tersenyum bisa membersihkan tubuh dari stres dan melepaskan ketegangan pada sel-sel di tubuh kita. Ketika kita tersenyum, relaksasi fisik ini dapat memerangi efek yang ditimbulkan dari stres. Yakni, mutasi sel yang bisa mengarah atau mengembangkan berbagai macam kanker.

5. Membuat kita lebih kreatif. Relaksasi fisik seperti tersenyum bisa meningkatkan suasana hati dan kekreativitasan kita. Studi di University of California, San Francisco mengatakan, orang yang lebih bahagia memiliki pendekatan yang lebih komprehensif untuk memecahkan masalah. Selain itu, ia jadi lebih kreatif untuk mencari solusi dibandingkan orang yang berpikiran negatif.

6. Meningkatkan produktivitas. Kebahagian dapat membantu membuat kita lebih produktif. Menurut sebuah studi, kebahagian memiliki efek signifikan pada produktivitas di tempat kerja. Nah, tersenyum adalah salah satu cara untuk membuat kita jadi lebih bahagia.