Find Us On Social Media :

Dianggap Bawa Kutukan, Kisah Batu Misterius pada Mahkota Kerajaan yang Akan Dipakai Raja Charles III

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 15 Oktober 2022 | 09:25 WIB

Kisah batu misterius pada Mahkota Negara Kerajaan yang akan dipakai Raja Charles III pada saat penobatan.

Intisari-Online.com – Sepeninggal Ratu Elizabeth II pada 8 September 2022 yang lalu, maka takhta Kerajaan Inggris pun diserahkan kepada Pangeran Charles, yang mengambil nama Raja Charles III.

Penoboatan Raja Charles III pada Mei 2023 akan sedikit menyimpang dari penobatan masa lalu, termasuk unsur-unsur upacara kuno, tetapi tetap mencerminkan kepekaan modern.

Meskipun belum jelas apa artinya, bahwa raja akan dimahkotai, sesuai tradisi, dengan Mahkota St. Edward.

Namun, kemungkinan penampilan mahkota itu hanya sebentar, karena biasanya hanya digunakan pada saat penobatan itu sendiri.

Sebaliknya, ketika Raja Charles III muncul di balkon Istana Buckingham setelah upacara maka diharapkan dia akan mengenakan Mahkota Negara Kerajaan  alias Imperial State Crown.

Terakhir terlibat bersama beberapa permata mahkota lainnya ketika melakukan perjalanan terakhir dengan Ratu Elizabeth II selama pemakaman kenegaraannya, Mahkota Kerajaan ini tetap menjadi simbol kerajaan yang berkilauan.

Mahkota Negara Kerajaan ini dipakai oleh mendiang Ratu Elizabeth II saat penobatannya pada tahun 1953, dan digunakan pada banyak kesempatan selama masa pemerintahannya.

Tetapi pada tahun 2016, dan untuk setiap Pembukaan Parlemen Negara setelahnya, bantal beludru ditempatkan tepat di sebelah Yang Mulia.

Mahkota itu beratnya hampir 1,36 kg dan sarat dengan 2.901 batu, beban yang terlalu berat untuk digunakan di kepala.

“Anda tidak bisa melihat ke bawah untuk membaca kertas pidato, Anda harus mengangkat kertas itu, karena jika Anda melakukannya, leher Anda akan patah, dan mahkota itu akan jatuh,” jerlas Ratu Elizabeth II dalam sebuah film dokumenter.

“Ada beberapa kelemahan pada mahkota, tetapi selain itu adalah hal yang cukup penting.”

Mahkota Negara Kerajaan tanpa diragukan lagi adalah hal yang cukup penting.