Find Us On Social Media :

5 Cara Menjaga Berat Badan Ideal

By Rafael Ryandika, Jumat, 12 Agustus 2016 | 07:00 WIB

5 Cara Menjaga Berat Badan Ideal

Intisari-Online.com – Memiliki berat badan yang ideal memang hal yang ingin dimiliki oleh sebagian besar masyarakat. Karena selain untuk penampilan, berat badan ideal juga sangat identik dengan kesehatan.

Berikut 5 cara efektif untuk menjada berat badan agar tetap ideal:

1.  Olahraga Rutin

Olahraga yang teratur dan berkala merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga berat badan yang ideal, baik untuk pria maupun perempuan. Olahraga yang dimaksudkan pun tidak perlu berat, cukup teratur dan berkesinambungan. Setidaknya, cobalah untuk berolahraga minimal tiga kali seminggu.

2. Jangan Terlalu Membatasi Kalori

Kehilangan berat badan akibat diet rendah kalori yang berlebihan justru dapat membahayakan metabolisme Anda. Jika Anda makan lebih sedikit dan berolahraga lebih banyak untuk menurunkan berat badan, tubuh Anda akan merespon dengan cara meningkatkan nafsu makan Anda. Hal ini justru mempersulit usaha Anda dalam menjaga berat badan ideal. Aktivitas sehari-hari yang diimbangi dengan pola makan yang teratur, lebih disarankan untuk menjaga berat badan Anda.

3. Hindari Makan Terlalu Malam

Biasakan untuk tidak makan saat hari sudah terlalu malam. Karena ketika kita makan terlalu malam, biasanya kita akan segera beristirahat. Tidak ada aktivitas yang dapat membakar energi dari makanan tersebut, alhasil lemak pun menumpuk dan menyebabkan obesitas.

Cobalah untuk berhenti makan ketika sudah terlalu malam, dan tidurlah minimal 4 jam setelah Anda selesai makan malam.

4. Jangan Tidur Terlalu Malam

Kebiasaan tidur yang terlalu malam ternyata mampu merangsang nafsu makan seseorang. Penelitian menunjukkan lebih dari 30% orang yang kurang tidur cenderung menjadi gemuk dibandingkan dengan mereka yang memiliki waktu tidur cukup. Hal ini terjadi karena ketika Anda kurang tidur, hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang dan membuat penurunan produksi Leptin, suatu hormon yang berfungsi untuk menekan nafsu makan seseorang.

5. Hindari Makanan Instan dan Kaleng

Makanan instan dan kaleng kerapkali tidak memberikan gizi yang dibutuhkan untuk tubuh. Atau justru memiliki kandungan yang terlalu berlebihan yang justru tidak baik untuk kesehatan. Dengan menghindari makanan instan dan kalengan, obesitas dan berbagai masalah kesehatan lainnya akan terhindarkan. (healthline.com)