Find Us On Social Media :

Bangkai Kapal Uap yang Pernah Kirim Peringatan Radio ke Kapal RMS Titanic Teridentifikasi

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 29 September 2022 | 13:20 WIB

Kapal Titanic.

Intisari-Online.com – Masih ingat kapal mewah RMS Titanic yang tenggelam kala pelayaran perdananya?

Pada tahun 1912, kapal uap pedagang SS Mesaba sedang melintasi Atlantik dan mengirim pesan radio peringatan pesan nirkabel ke RMS Titanic.

Pesan radio itu diterima, tetapi rupanya pernah mencapai pada ‘yang berwajib’.

Malamnya, RMS Titanic yang seharusnya tidak bisa tenggelam itu menabrak gunung es dan tenggelam dalam pelayaran perdananya, merenggut 1.500 nyawa dan menjadi kapal karam paling terkenal di dunia.

Sementara, SS Mesaba berlanjut sebagai kapal dagang selama enam tahun berikutnya sebelum ditorpedo ketika mereka dalam perjalanan konvoi pada tahun 1918.

Nah, kapal uap SS Mesaba yang tenggelam itu telah diidentifikasi tergeletak di Laut Irlandia.

Dengan menggunakan sonar multibeam yang canggih, para peneliti di Universitas Bangor akhirnya secara positif dapat mengidentifikasi bangkai kapal SS Mesaba itu dan mengungkapkan posisinya untuk pertama kalinya.

Untuk arkeolog kelautan, sonar multibeam memiliki potensi untuk berdampak seperti penggunaan foto udara untuk arkeologi lanskap.

Sonar multibeam memungkinkan pemetaan dasar laut dengan detail sedemikian rupa, sehingga detail suprastruktur dapat terungkap pada gambar sonar.

SS Mesaba merupakan satu di antara 273 bangkai kapal yang terletak di 7.500  mil persegi laut Irlandia, yang dipindai dan dirujuk silang dengan database bangkai kapal dan sumber lainnya dari Kantor Hidrografi Inggris.

Melansir Ancient Pages, diperkirakan 101 bangkai kapal tidak teridentifikasi, tetapi jumlah bangkai kapal yang baru diidentifikasi jauh lebih tinggi.

Dan karena banyaknya bangkai kapal, termasuk SS Mesaba, pernah salah diidentifikasi di masa lalu.