Find Us On Social Media :

Xi Jinping adalah Sebuah Misteri, Perilaku Ini Membuat Gelembung Pemberontakan Membesar

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 26 September 2022 | 12:27 WIB

(Ilustrasi) Muncul rumor bahwa China tengah berada di tengah kudeta militer.

Intisari-Online.com - Muncul rumor bahwa China tengah berada di tengah kudeta militer.

Melansir Newsweek, di antara rumor yang beredar adalah bahwa Li Qiaoming, seorang jenderal Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), militer China, telah menggantikan Xi.

Rumor tersebut ramai diperbincangkan di media sosial Twitter.

Menurut sejumlah postingan di media sosial negara Tirai Bambu itu, Xi Jinping telah dicopot dari posisinya sebagai Kepala Tentara Pembebasan China (PLA).

Selain itu, Presiden China tersebut dirumorkan menjadi tahanan rumah.

Mengenai rumor kudeta di China, hingga kini belum ada dari partai penguasa, Partai Komunis China, atau media negara yang memberikan konfirmasi.

Aparat propaganda pemerintah secara teratur menggambarkan Xi sebagai patriark dan pemimpin yang teguh.

Dia juga memerangi kemiskinan dan korupsi di dalam negeri sambil membangun prestise China di luar negeri sebagai negara adidaya.

Yang mencolok adalah betapa sedikit yang diketahui tentang biografi Xi sebagai seorang pemimpin, meskipun ia telah menduduki posisi tertinggi negara itu sejak 2012 - antara lain presiden, sekretaris jenderal, dan panglima tertinggi.

Kerry Brown, seorang profesor di King's College London dan penulis biografi tahun 2016, CEO, China: The Rise of Xi Jinping dan para ahli lainnya menggambarkan kerahasiaan ekstrim di sekitar pemimpin China sebagai gejala dari penderitaan yang seringkali dapat membuat para pemimpin otokratis terpincang-pincang: hidup di dalam gelembung penegasan diri yang tertutup, yang digaungkan oleh yes-men (semua pria, dalam kasusnya).

Kerahasiaan tentu saja berkontribusi pada mistik kekuasaan di China.

Seperti di tempat lain, tetapi lingkaran kecil yang tertutup dan oleh semua pihak di mana keputusan dibuat juga dapat meletakkan dasar bagi tantangan terhadap pemerintahannya, terutama jika China menghadapi krisis yang tidak terduga.