Find Us On Social Media :

Dirumorkan Dikudeta Militer, Ternyata Rumor Xi Jinping Dikudeta Sudah Menyebar Sejak Lama, Sosok Pejabat Ini Disebut Dalangnya

By Khaerunisa, Minggu, 25 September 2022 | 19:45 WIB

Presiden China Xi Jinping.

Intisari-Online.com - Muncul rumor bahwa China tengah berada di tengah kudeta militer.

Melansir Newsweek, di antara rumor yang beredar adalah bahwa Li Qiaoming, seorang jenderal Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), militer China, telah menggantikan Xi.

Rumor tersebut ramai diperbincangkan di media sosial Twitter.

Menurut sejumlah postingan di media sosial negara Tirai Bambu itu, Xi Jinping telah dicopot dari posisinya sebagai Kepala Tentara Pembebasan China (PLA).

Selain itu, Presiden China tersebut dirumorkan menjadi tahanan rumah.

Salah satu cuitan datang dari Gordon Chang, seorang ahli tentang China dan penulis buku 'The Coming Collapse of China', pada hari Sabtu.

Ia menulis di media sosial Twitter, "Berkurangnya berita dari #China selama beberapa jam terakhir menunjukkan bahwa rumor kudeta tidak benar,

"Tetapi apa pun yang terjadi di dalam militer #China selama tiga hari terakhir, ternyata sesuatu yang tidak biasa terjadi, memberi tahu kami bahwa ada turbulensi di dalam kepemimpinan senior #PKC."

Ada pula yang mengklaim kendaraan perang PLA telah mulai bergerak ke Ibu Kota Beijing.

“Kendaraan militer #PLA mulai bergerak ke #Beijing pada 22 September. Dimulai dari Huanlai di dekat Beijing dan berakhir Zhangjiakou, Provinsi Hebei, seluruh arak-arakan sepanjang 80km.

"Sementara itu, rumor mengatakan bahwa #XiJinping ditahan setelah senior #PKC memecatya sebagai kepala PLA,” cuit Jennifer Zheng dikutip dari NDTV.

Selain itu, juga banyak laporan yang tak bisa diverifikasi mengenai tak adanya pesawat komersial yang terbang di atas Beijing.