Find Us On Social Media :

Kisah Jetsun Pema, Permaisuri Naga dari Bhutan: Suaminya Tak Mau Nikahi Wanita Lain Meski Diizinkan

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 24 September 2022 | 07:00 WIB

Raja dan Ratu Bhutan, Jetsun Pema.

Intisari-Online.comPermaisuri termuda saat ini adalah Ratu Bhutan, yang lahir dengan nama Jetsun Pema.

Dia lahir pada tanggal 4 Juni 1990 sebagai putri Dhondup Gyaltshen dan Sonam Choki di Rumah Sakit Rujukan Nasional Jigme Dorji Wangchuck di Thimphu.

Dia merupakan anak tertua kedua dari lima bersaudara, empat saudara kandungnya, yaitu Thinley Norbu, Jigme Namgyal, Serchen Doma, dan Yeatso Lhamo.

Jetusn menerima pendidikan dasarnya di Little Dragon Montessori School sebelum menyelesaikan pendidikan dasarnya di Sunshine School.

Dia juga bersekolah di Sekolah Menengah Atas Lungtenzampa, Sekolah Menengah Changangkha, dan Biara St. Joseph.

Dia menyelesaikan tahun sekolah menengahnya di Lawrence School is Sanawar sebelum pergi ke Inggris untuk menghadiri Regent’s University London, di mana dia mengambil jurusan Hubungan Internasional sebagai anak di bawah umur dalam Psikologi dan Sejarah Seni.

Dia menjadi kapten tim bola basket di Lungtenzampa dan secara teratur mengunjungi museum seni saat tinggal di London.

Sayangnya tidak jelas di mana dia bertemu calon suaminya, tetapi mereka berhubungan jauh.

Pertunangan mereka diumumkan oleh calon suaminya, Jigme Khesar Namgyel Wangchuck, Raja Naga kelima Bhutan, pada 20 Mei 2011 saat pembukaan Parlemen.

Melansir History of Royal Women, katanya, “Sebagai Raja, inilah saatnya bagiku untuk menikah. Setelah banyak berpikir, saya telah memutuskan bahwa pernikahan akan diadakan akhir tahun ini.

Sebagai Ratu saya, saya telah menemukan orang seperti itu dan namanya adalah Jetsun Pema.

Ketika dia masih muda, dia hangat dan baik hati karakternya. Kualitas-kualitas ini, bersama dengan kebijaksanaan yang akan datang seiring bertambahnya usia dan pengalaman, akan membuatnya menjadi pelayan yang hebat bagi bangsa.”