Find Us On Social Media :

Tak Disangka, Suku yang Bermukim di Dekat Indonesia ini adalah Suku Tertua di Bumi

By Mentari DP, Minggu, 25 September 2022 | 06:00 WIB

Suku tertua di dunia.

Intisari-Online.com - Tahukah Anda apa suku tertua di dunia?

Mungkin tidak mudah menemukan apa suku tertua di dunia.

Namun menurut sebuah studi DNA yang belum pernah terjadi sebelumnya, mereka telah menemukan bukti satu migrasi manusia keluar dari Afrika.

Dan hasilnya suku Aborigin Australia adalah suku tertua di dunia.

Bagaimana itu bisa terjadi?

Dilansir dari history.com pada Minggu (25/9/2022), studi SNA yang dimaksud adalah sebuah makalah baru terkait studi DNA ekstensif pertama orang Aborigin Australia.

Menurut University of Cambridge, mereka bekerja sama dengan para tetua dan pemimpin asli suku Aborigin Australia.

Tim peneliti internasional lalu memperoleh izin untuk mengekstrak DNA dari air liur 83 orang Aborigin Australia dan 25 orang Papua Nugini, lalu mengurutkan informasi genetik lengkap mereka.

Hasilnya mereka menemukan bahwa sebagian besar genom orang Papua dan Aborigin Australia dapat ditelusuri kembali ke satu peristiwa 'Out of Africa' yang mengarah pada populasi modern di seluruh dunia.

Menurut Manjinder Sandhu, seorang penulis senior dari Sanger Institute dan University of Cambridge, sekitar 50.000 tahun yang lalu, gelombang migrasi mencapai Sahul, sebuah superbenua prasejarah yang terdiri dari Australia, Tasmania, dan Nugini.

Di mana ketiganya kini terpisah karena naiknya permukaan laut 10.000 tahun yang lalu.

Pada saat itu, menurut penulis studi tersebut, orang Aborigin Australia menjadi terisolasi secara genetik, menjadikan mereka suku tertua di dunia.