Find Us On Social Media :

Ada yang Berpangkat Perwira, Terkuak Ternyata Ini Berbagai Peran TNI Pelaku Mutilasi di Papua, Ada Jual Beli Senjata Ilegal di Dalamnya

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 6 September 2022 | 16:26 WIB

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Saleh Mustafa

Intisari-Online.com - Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen Saleh Mustafa menyebutkan, enam anggota TNI yang menjadi tersangka kasus mutilasi di Kabupaten Mimika, bukan sebagai sosok kunci. 

Sebelumnya diketahui tidak hanya membunuh, terduga pelaku juga melakukan mutilasi pada jasad korbannya lalu memasukan ke dalam karung.

Kemudian pelaku memasukan jenazah ke dalam mobil korban dan membawanya ke Sungai Kampung Pigapu, Distrik Iwaka, untuk dibuang.

Melansir Kompas.com, Pangdam XVII/ Cenderawasih Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa menegaskan TNI AD tidak akan segan untuk memberikan sanksi tegas kepada prajurit yang terlibat pembunuhan disertai mutilasi tersebut.

“Sekali lagi saya katakan disini, bahwa bila ada prajurit kami yang terlibat dalam proses atau dalam tindakan pidana kriminal, kami tidak memberikan toleransi apapun,” kata Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa dalam Breaking News KOMPAS TV, Senin (29/8/2022).

“Kami akan berikan sanksi tegas, untuk dilakukan proses hukum sesuai dengan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.”

Namun kini Mayjen Saleh Mustafa menyebut bahwa sebenarnya satu orang tersangka berinisial RMH yang saat ini masih melarikan diri.

Lebih jauh, dialah yang merupakan sosok yang merencanakan dan mengenal para korban. 

Meski begitu, Saleh menegaskan, hal itu tidak mengurangi peran enam anggota TNI dalam kasus pembunuhan dan mutilasi tersebut.

"Ada satu yang masih buron yaitu si RMH, itu otaknya, yang mengatur, yang menghubungi sampai mendesain keempat (korban) orang ini datang, sampai melakukan pembunuhan, diduga otaknya RMH."

"Keenam (anggota TNI) tersangka itu terlibat," ujarnya di Jayapura, Selasa (6/9/2022).

Dalam kejadian itu, ada dua perwira TNI yang ikut terlibat.