Find Us On Social Media :

Bak Disiapkan untuk Jadi Penerus Sang Ayah, Anak Ferdy Sambo Ternyata Bersekolah di Sekolah yang Sama dengan AHY, 'Dominasi' Akpol Akmil, Biayanya Tembus Ratusan Juta

By Tatik Ariyani, Rabu, 31 Agustus 2022 | 16:02 WIB

Putra Ferdy Sambo - AHY

Intisari-Online.com - Seiring dengan terungkapnya kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dan penetapan Ferdy Sambo serta istrinya Putri Candrawathi sebagai tersangka, keluarga Ferdy Sambo pun tak luput dari sorotan publik.

Bak dipersiapkan untuk ikuti jejak ayahnya, salah satu anak laki-laki Ferdy Sambo dan Putri Candrawati bersekolah di sekolah yang sama dengan AHY.

Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY termasuk salah satu lulusan SMA Taruna Nusantara.

AHY merupakan alumnus SMA Taruna Nusantara pada tahun 1997. Bahkan, ia menjadi salah satu lulusan terbaik di angkatannya yang meraih penghargaan yang disebut Medali Emas "Garuda Trisakti Taruna Tama".

Dikutip dari Antara, sekolah anak laki-laki Ferdy Sambo terungkap ketika Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik menyebut jika keberadaan Irjen Sambo dan istrinya di Magelang tidak hanya untuk mengantar anaknya yang masuk ke SMA Taruna Nusantara, tetapi juga merayakan ulang tahun pernikahan.

Melansir tarunanusantara.sch.id, SMA Taruna Nusantara adalah sekolah menengah atas berbasis semi-militer.

Ide pembuatan sekolah menengah atas berbasis semi-militer ini dicetuskan oleh Menteri Pertahanan dan Keamanan saat itu, Jenderal LB Moerdani pada tanggal 20 Mei 1985 di Pendopo Agung Taman Siswa Yogyakarta.

Ia memiliki visi luhur, yakni untuk membangun sekolah yang mendidik manusia-manusia terbaik dari seluruh Indonesia dan menghasilkan lulusan yang dapat melanjutkan cita-cita para Proklamator.

Terletak di Magelang, Jawa Tengah, SMA Taruna Nusantara diresmikan oleh Pangab (Panglima Angkatan Bersenjata) saat itu, Jenderal Try Sutrisno pada tahun 1990.

Tak heran, banyak dari alumni SMA Taruna Nusantara yang lolos menjadi taruna dan taruni Akmil AAL AAU dan Akpol.

Ambil contoh pada tahun 2017, 590 Calon Prajurit Taruna dan Taruni (Capratar) Akademi TNI terdiri dari Akmil 385 orang (352 Taruna dan 33 Taruni), AAL 105 orang (94 Taruna dan 11 Taruni) dan AAU 100 orang (90 Taruna dan 10 Taruni) mengikuti tes penerimaan Capratar Akademi TNI.

Dari tes tersebut, sebanyak 435 orang terdiri dari Akmil 230 orang (212 Taruna dan 18 Taruni), AAL 105 orang (94 Taruna dan 11 Taruni) dan AAU 100 orang (90 Taruna dan 10 Taruni) dinyatakan lulus menjadi Capratar Akademi TNI dan siap mengikuti pendidikan pertama.