Find Us On Social Media :

Diklaim Mampu Bikin 'Kelabakan' Jet Tempur Sekelas F-35 AS, China Pamer Drone Hipersonik yang Bisa Mainkan Peran Kunci di Laut China Selatan

By Tatik Ariyani, Rabu, 31 Agustus 2022 | 15:09 WIB

Tampilan depan drone pengintai supersonik/hipersonik Wuzhen-8

Intisari-Online.com - China kembali menunjukkan senjata terbarunya.

Drone Wuzhen-8 China kembali muncul di pertunjukan udara Changchun.

Hal itu memicu perdebatan di antara pengamat tentang tujuan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) yang misterius, melansir The EurAsian Times, Rabu (31/8/2022).

Sejauh ini, analisis mengklaimnya sebagai drone ketinggian tinggi, hipersonik, pengintaian, dan penargetan.

Laporan lain mengutip ilmuwan China yang mengatakan bahwa drone tersebut dapat digunakan untuk melakukan serangan bunuh diri terhadap pesawat tempur siluman F-22 dan F-35 AS.

Drone itu membuat penampilan resmi pertamanya selama parade Hari Militer China pada 1 Oktober 2019, sebelum muncul dalam foto-foto satelit yang kabur.

Sebuah artikel dalam laporan South China Morning Post (SCMP) dari tahun yang sama juga mengidentifikasinya dengan sebutan lain, DR-8, “yang akan memainkan peran kunci (dalam) konflik dengan kelompok penyerang kapal induk AS di Laut China Selatan atau Pasifik Barat.”

Artikel itu juga menambahkan bahwa drone tersebut menyerupai drone D-21 yang dibuat oleh Lockheed Martin lebih dari empat dekade lalu.

Laporan tersebut mengutip komentator militer yang berbasis di Beijing, Zhou Chenming.

Ia mengatakan bahwa DR-8 dapat “melakukan perjalanan lebih cepat daripada rudal balistik DF-21 – yang kecepatan maksimumnya adalah Mach 3,3 – menembus pertahanan udara musuh dan kembali utuh dengan intelijen.”

Lebih cepat dari Mach 3 berarti akan menyentuh Mach 4, yang mendekati kecepatan hipersonik.

Praktis tidak ada apa pun tentang kecepatan dan kemampuan teknis Wuzhen-8/DR-8 di media resmi mereka.