Find Us On Social Media :

Menghitung Weton Jawa; Mengenal Watak dari Hitungan Neptu Weton Jawa dengan Pembagi Angka 9 Menurut Perhitungan Primbon Jawa, Ini Dia!

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 20 Agustus 2022 | 15:50 WIB

(ilustrasi) Menghitung Weton Jawa, dengan pembagi angka 9.

Intisari-Online.comWeton Jawa dan primbon Jawa tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Jawa, begini cara menghitung weton Jawa.

Menghitung Weton Jawa dapat dipergunakan untuk mengetahui neptu weton Jawa dan watak masing-masing.

Setelah penghitungan yang menghasilkan neptu weton Jawa, maka ini yang kemudian dijadikan dasar untuk perhitungan lain dalam primbon Jawa.

Seperti meramalkan jodoh yang cocok dengan hitungan neptu pasangan, lalu apakah di kemudian hari pasangan dalam berumah tangga kelak tidak mengalami masalah.

Weton Jawa merupakan gabungan dari hari dalam kalender Masehi dan pasaran dalam penanggalan Jawa.

Terdapat tujuh hari dalam kalender Masehi, yaitu Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu.

Dan terdapat lima pasaran dalam penanggalan Jawa, yaitu, Pahing, Pon, Wage, Kliwon, Legi.

Dari gabungan keduanya, maka didapatkan 35 weton yang memiliki ramalan watak yang berbeda-beda.

Nah, masing-masing hari dan pasaran itu memiliki nilai neptu yang berbeda pula, yang bisa dilihat dari tabel berikut ini.

Jumlah neptu weton Jawa dari penggabungan nilai hari dan pasaran inilah yang nantikan dijadikan dasar untuk penghitungan, mulai dari mengenali watak seseorang atau jodoh yang cocok untuknya kelak.

 

Banyak cara untuk mengetahui watak seseorang dari penghitungan neptu weton Jawa, salah satunya dengan membagi jumlah nilai neptu dengan angka pembagi 9.