Find Us On Social Media :

Nikita Mirzani Habiskan Ratusan Juta Operasi Vaginoplasty: Amankah Perempuan Melakukan Operasi Organ Intim?

By Moh. Habib Asyhad, Senin, 7 Mei 2018 | 17:15 WIB

Intisari-Online.com - Presenter terkenal Nikita Mirzani blak-blakan mengakui bahwa dirinya baru saja melakukan operasi Miss V. Dalam ilmu medis, istilah ini biasa disebut vaginoplasty.

Lebih dari itu, perempuan cantik itu mengaku mengeluarkan uang hingga ratusan juta rupiah untuk melakukan prosedur tersebut.

“Duit kan bisa dicari. Kerja kan cari duit ya buat kesenangan sendiri. Kalau Niki sih sekiranya worth it untuk Niki sendiri untuk ngeluarin biaya berapa pun enggak masalah sih,” ujar Niki, dilansir dari Kompas.com, Seni (7/5).

Operasi Miss V biasa dilakukan untuk mengencangkan otot, perineum, dan dinding panggung sehingga vagina kembali pada bentuk dan fungsinya seperti sebelum kehamilan.

Baca juga: Setelah Tren Putihkan Mr. P, Kini Ada Tren Putihkan Miss V. Namanya Pasti Buat Anda Tersenyum!

Prosedur ini biasa dilakukan dengan membuang jaringan yang berlebih dan merapatkan jaringan penyokong dan otot dinding vagina, perineum, serta dasar panggul.

Perineum sendiri merupakan daerah antara area genital eskternal wanita (vulva) dan anus.

Pertanyaannya, amankah melakuka  prosedur ini?

Terkait hal ini, ahli bedah plastik Rumah Sakit Hasan Sadikit Bandung, Lisa Hasibuan, seperti dilansir dari Kompas.com, mengatakan, operasi vaginoplasty sepenuhnya aman.

“Namun sebelumnya pasien harus berkonsultasi terlebih dulu dengan ahli kandungan dan kebidanan serta bedah plastik. Rekomendasi keduanya menentukan bagaimana tindak operasi dilakukan,” ujarnya.

Tindakan operasi yang dipertimbangkan dengan baik, kata Lisa, akan mencegah terganggunya pemulihan saraf usai operasi.

Selanjutnya bisa dilakukan screening untuk memastikan kondisi vagina, tindakan yang diambil, serta perawatan usai operasi.

Tindakan vaginoplasty dilakukan dengan membuang jaringan yang berlebih dan merapatkan jaringan penyokong dan otot dinding vagina, perineum, serta dasar panggul.