Find Us On Social Media :

Barat Makin Khawatir, Negara Anggota NATO Ini Justru Makin Mesra dengan Rusia dan Bahkan Bekerja Sama dalam Bidang-bidang Penting Ini

By Tatik Ariyani, Minggu, 7 Agustus 2022 | 18:38 WIB

Recep Tayyip Erdogan dan Vladimir Putin

Intisari-Online.com - Di tengah perang Rusia Ukraina yang masih berlangsung hingga kini, Barat khawatir dengan negara anggota NATO ini dengan Rusia.

Pejabat Barat 'semakin khawatir' bahwa Turki, sekutu NATO dan calon anggota Uni Eropa, memperdalam kerja samanya dengan Rusia, Financial Times melaporkan.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan baru-baru ini kembali dari Sochi, Rusia berjanji untuk meningkatkan perdagangan setelah pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Melansir Russian Today, Sabtu (6/8/2022), enam pejabat Barat yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada surat kabar itu bahwa mereka "prihatin" tentang rencana Rusia dan Turki untuk bekerja sama dalam perdagangan dan energi.

Seorang pejabat Uni Eropa mengatakan bahwa Brussels sedang memantau hubungan antara Ankara dan Moskow “semakin dekat,” mengingat bagaimana Turki tampaknya “semakin” menjadi platform untuk perdagangan dengan Rusia.

Setelah pertemuan empat jam dengan Putin pada hari Jumat, Erdogan menyambut baik peran Rusia dalam membangun pembangkit listrik tenaga nuklir di Turki.

Kedua negara memiliki tujuan untuk memperoleh omset perdagangan bilateral sebesar $100 miliar, dan bekerja sama melawan terorisme dan menuju perdamaian di Libya dan Suriah.

Putin berjanji bahwa Rusia akan memasok Turki dengan minyak, gas, dan batu bara “tanpa gangguan apa pun,” setelah kedua pemimpin sepakat bahwa Ankara akan membayar sebagian dari gas ini dalam rubel.

Pejabat lain mengatakan kepada surat kabar itu bahwa perilaku Erdogan "sangat oportunistik".

Ia menambahkan bahwa "kami berusaha membuat orang Turki memperhatikan kekhawatiran kami."

Meskipun menjadi anggota NATO sejak 1952 dan pemohon Uni Eropa sejak 1987, Turki telah memutuskan hubungan dengan kedua blok pada beberapa kesempatan, yang terakhir karena konflik di Ukraina.

Erdogan telah menggambarkan diplomasinya dengan Kyiv dan Moskow sebagai "seimbang," dan telah menolak untuk memberikan sanksi kepada Rusia atas operasi militernya.