Find Us On Social Media :

Bak Sengaja Bikin China Makin Kepanasan, Militer AS Akan Lakukan Latihan Militer dengan India di Dekat Perbatasan China

By Tatik Ariyani, Minggu, 7 Agustus 2022 | 13:58 WIB

Ilustrasi. Militer AS.

Intisari-Online.comMiliter Amerika dan India akan mengadakan latihan bersama di pegunungan Himalaya pada Oktober.

Latihan militer dilakukan kurang dari 100 km dari perbatasan yang disengketakan India dengan China, CNN melaporkan.

Melansir Russian Today, Sabtu (6/8/2022), lokasi itu diumumkan di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan China atas Taiwan, sementara India dan China telah bentrok di sepanjang perbatasan pegunungan mereka.

Latihan itu akan diadakan pada pertengahan Oktober di dekat kota Auli di negara bagian Uttarakhand, India, kata seorang perwira militer India kepada CNN, Sabtu.

Auli terletak di lereng selatan Himalaya, dan latihan akan fokus pada peperangan di ketinggian 3.000 meter.

Auli juga terletak sekitar 95 kilometer dari Garis Kontrol Aktual, perbatasan yang memisahkan India dan China.

Sementara kedua belah pihak mengklaim wilayah di sisi lain dari garis ini, itu telah berfungsi sebagai perbatasan de-facto antara kedua negara sejak akhir Perang Tiongkok-India 1962.

Pertempuran pecah di sepanjang garis ini pada tahun 2020 setelah China keberatan dengan pembangunan jalan oleh India di wilayah yang diklaimnya.

Hubungan antara AS dan China juga memburuk secara signifikan setelah kunjungan Ketua DPR Nancy Pelosi ke Taiwan minggu ini.

Beijing menanggapi kunjungan itu dengan meluncurkan latihan militer skala besar, memotong impor dari Taiwan, memberi sanksi kepada Pelosi dan keluarganya, dan memutuskan hubungan diplomatik dengan Washington di sejumlah bidang utama.

Latihan militer China yang berlanjut hingga akhir pekan.

Sementara pejabat keamanan nasional Gedung Putih John Kirby mengumumkan pada hari Kamis bahwa AS akan melakukan “transit udara dan laut” melalui Selat Taiwan dalam beberapa minggu mendatang.