Find Us On Social Media :

Berusia 400 Tahun, Spesimen Ragi Ini Ditemukan dalam Tong Kayu Ek Tua, Hidupkan Kembali Bir Tertua yang Pernah Ada di Amerika Latin

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 7 Agustus 2022 | 07:00 WIB

Seorang ilmuwan Ekuador menghidupkan kembali bir Fransiskan dari ragi berumur 400 tahun.

Intisari-Online.com Bir telah menjadi minuman populer selama ribuan tahun dan pasti akan terus dinikmati hingga masa depan.

Bioengineer Ekuador Javier Carvajal beruntung, dia menemukan spesimen ragi berusia 400 tahun di dalam tong kayu ek tua.

Carvajal menggunakan kesempatan itu dan berhasil menghidupkan kembali dan mereproduksi apa yang diyakini sebagai bir tertua di Amerika Latin.

Mikroorganisme sel tunggal itu, diambil dari serpihan kayu, merupakan kunci untuk menemukan formula ramuan yang pertama kali diseduh di Quito pada tahun 1566 oleh biarawan Jodoco Ricke.

Ricke adalah seorang Fransiskan asal Flemish yang menurut para sejarawan memperkenalkan gandum dan jelai pada apa yang ada sekarang ibu kota Ekuador.

"Kami tidak hanya menemukan harta biologis tetapi juga pekerjaan domestikasi diam-diam berusia 400 tahun dari ragi yang mungkin berasal dari chicha dan dikumpulkan dari lingkungan setempat," kata Carvajal kepada AFP.

Chicha adalah minuman jagung fermentasi yang diseduh oleh penduduk asli Amerika sebelum penjajahan Spanyol.

Carvajal, yang sudah memiliki pengalaman memulihkan ragi lain, mengetahui tentang tempat pembuatan bir Fransiskan kuno di Quito saat membaca majalah spesialis bir.

Butuh waktu satu tahun untuk melakukannya, tetapi dia akhirnya berhasil menemukan satu barel dari tempat pembuatan bir tua pada tahun 2008.

Itu disimpan di Biara San Francisco Quito, kompleks seluas tiga hektar yang dibangun antara tahun 1537 dan 1680, yang sekarang menjadi museum.

Setelah mengekstraksi serpihan, Carvajal menggunakan mikroskop untuk menemukan spesimen ragi kecil, yang setelah lama berkultivasi untuk dapat dihidupkan kembali.

Di laboratoriumnya di Universitas Katolik Ekuador, Carvajal mengambil botol kecil berisi berbagai ragi Saccharomyces cerevisiaerescatada.