Find Us On Social Media :

Blingsatan Jika Sosok Ini Datangi Taiwan, China Ternyata Siapkan Latihan Militer untuk Lawan Kedatangan Militer AS ke Taiwan, Perang di Depan Mata?

By May N, Minggu, 31 Juli 2022 | 12:41 WIB

Intisari - Online.com - China dilaporkan telah meningkatkan pertaruhannya dengan Washington atas rencana perjalanan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan, dengan mengatakan akan menanggapi secara militer jika Demokrat California melanjutkan kunjungan tersebut.

Peringatan terbaru dikeluarkan secara pribadi kepada anggota pemerintahan Presiden Joe Biden, Financial Times melaporkan pada hari Minggu, mengutip enam orang tak dikenal yang mengetahui masalah tersebut.

Pernyataan itu secara signifikan lebih kuat daripada peringatan yang diberikan pejabat China di masa lalu atas tindakan kontroversial AS atau keputusan kebijakan terkait Taiwan.

Pelosi dilaporkan dijadwalkan mengunjungi Taipei bulan depan, yang akan menjadi perjalanan pertama oleh seorang juru bicara DPR ke republik yang memisahkan diri itu sejak 1997.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan Selasa lalu bahwa perjalanan Pelosi akan berdampak besar pada AS- ikatan Cina.

“Jika AS bersikeras untuk mengambil jalan yang salah, China akan mengambil langkah tegas dan kuat untuk menjaga kedaulatan dan integritas teritorialnya. Semua konsekuensi berikutnya akan ditanggung oleh pihak AS.”

Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) telah meluncurkan latihan militer di lepas pantai Provinsi Fujian, tepat di seberang selat antara daratan dan Taiwan.

Latihan tembak-menembak diumumkan secara terbuka di tengah meningkatnya ketegangan dengan Washington atas status pulau yang berpemerintahan sendiri itu.

Latihan itu dijadwalkan akan diadakan dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam pada hari Sabtu di dekat pulau Pingtan di lepas pantai Fujian, kata kantor berita resmi Xinhua mengutip PLA.

Pejabat maritim Pingtan telah mengeluarkan peringatan yang memerintahkan semua kapal untuk menjauhi daerah tersebut selama latihan.

Pengumuman itu tidak memberikan rincian tentang persenjataan atau unit yang akan diuji selama latihan.

Pingtan berada tepat di antara daratan dan Taiwan, yang dianggap Beijing sebagai provinsi yang memisahkan diri dan bagian dari wilayah kedaulatan China.

Pejabat China berulang kali mengeluarkan peringatan bulan ini bahwa perjalanan yang direncanakan oleh Ketua DPR AS Nancy Pelosi (D-California) ke Taiwan akan merusak hubungan Amerika dengan China dan dapat memicu tanggapan militer.