Find Us On Social Media :

Berusia 1.000 Tahun, Pedang Ksatria dari Pemerintahan Raja Pertama Polandia Boleslaw Pemberani Ini Jadi Penemuan Luar Biasa para Arkeolog

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 30 Juli 2022 | 14:55 WIB

Berusia 1.000 Tahun, Pedang Ksatria dari pemerintahan Raja Pertama Polandia Boleslaw Pemberani Ini Jadi Penemuan Luar Biasa para Arkeolog

Intisari-Online.comPenemuan sebuah pedang berusia 1.000 tahun milik seorang ksatria digambarkan sebagai hal yang luar biasa oleh para arkeolog.

Pedang itu berasal dari masa pemerintahan Raja pertama Polandia, Boleslaw Pemberani, yang digali di sebuah lokasi rahasia.

Pedang itu digali oleh tiga penggemar sejarah lokal di Lewin Klodzki.

Ketika menemukan sesuatu yang menyerupai kepala pedang yang tergeletak sekitar 30 sentimeter di bawah tanah, mereka segera menyamarkan situs tersebut dan segera memberi tahu para arkolog di Walbrzych.

Marek Kowalski, seorang arkeolog dari Kantor Provinsi untuk Perlindungan Monumen di Wrocław cabang Wałbrzych, mengatakan, “Saya telah bekerja di kantor ini selama 27 tahun, dan tidak ada yang pernah melaporkan hal seperti ini kepada saya.”

Selama periode itu Piast dan Bohemia bertempur di daerah itu, jadi kemungkinan kita sedang berhadapan dengan Boleslaw Pemberani.

Tidak ada informasi bahwa ada kastil atau benteng di daerah itu, dia mengatakan kepada Radio Wroclaw, “Ini merupakan pedang dari awal Abad Pertengahan, yang berasal dari awal abad ke-11, semua ada, tetapi dalam tiga bagian.”

Menurut Kowalski kepada First News, tidak diragunkan lagi bahwa pedang itu milik ksatria karena tidak mungkin ditinggalkan begitu saja.

Pedang adalah simbol kekuatan penguasa dan ksatria.

Boleslaw Pemberani adalah Adipati Polandia dari tahun 992 hingga 1025 dan dimahkotai sebagai Raja Polandia pertama pada tahun 1025.

Salah satu raja yang paling suka berperang dalam sejarah negara itu, dia menciptakan kerajaan yang luas berdasarkan penaklukannya.

Dia melakukan konflik panjang dengan sebagian besar tetangganya: dengan Jerman atas perbatasan, dengan Ceko atas kendali negara, dan atas Moravia, dan dengan orang-orang Ruthenian.