Find Us On Social Media :

Berusia 1.700 Tahun, Lantai di Vila Mewah Yunani Kuno Ini Ditata dengan Kaca Daur Ulang Menjadi Mosaik Indah dengan Motif Tokoh dalam Mitologi Yunani

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 26 Juli 2022 | 11:50 WIB

Mosaik yang ditemukan di vila mewah dari pecahan kaca daur ulang.

Intisari-Online.com – Meskipun vila mewah berusia 1.700 tahun ini telah digali dan diperiksa baik pada tahun 1856 dan pada tahun 1990-an oleh para arkeolog, namun rupanya masih memiliki rahasia untuk diungkapkan.

Rahasia baru itu diungkapkan oleh tim peneliti internasional, dengan Profesor dan ahli dalam arkeometri, Kaare Lund Rasmussen dari University of Southern Denmark.

Dia memimpin apa yang disebut analisis arkeometrik,  yaitu menggunakan analisis kimia untuk menentukan unsur-unsur mana suatu objek dibuat, bagaimana diproses, dsb.

Anggota tim lainnya adalah Thomas Delbey dari Cranfield University di Inggris dan arkeolog klasik Birte Poulsen dan Poul Pedersen dari Aarhus University dan University of Southern Denmark.

Pekerjaan mereka diterbitkan dalam jurnal Heritage Science, termasuk analisis arkeometrik dari 19, kira-kira, tesserae mosaik berusia 1.600 tahun.

Tessera berasal dari penggalian sebuah vila dari zaman kuno, yang terletak di Halikarnassos (sekarang Bodrum di Anatolia, Turki).

Halikarnassos terkenal dengan makam raksasa dan mewah Raja Mausolus, yang dianggal sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Vila itu terletak di sekitar dua halaman dan banyak kamar dihiasi dengan lantai mosaik.

Selain pola geometris, juga terdapat motif berbagai tokoh dan adegan mitologis yang diambil dari mitologi Yunani.

Misalnya, Putri Europa diculik oleh dewa Zeus dalam bentuk banteng dan Aphrodite di laut dalam cangkangnya.

Motif dari kisah penulis Romawi yang lebih muda, Virgil, juga terwakili dalam mosaik itu.

Dari prasasti di lantai mengungkapkan bahwa pemiliknya bernama Charidemos dan vila itu dibangun pada pertengahan abad kelima.