Find Us On Social Media :

Tak Terima China Undang Jokowi, AS Jual Rudal Mematikan Ini ke Australia untuk Bungkam China Selamanya, Bagaimana Spesifikasi Rudal Siluman JASSM-ER?

By May N, Minggu, 24 Juli 2022 | 07:00 WIB

Rudal siluman JASSM-ER buatan Lockheed Martin yang ditawarkan AS ke Rusia

Intisari - Online.com - Dalam salah satu kesepakatan senjata paling kritis baru-baru ini di Pasifik, Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui penjualan 80 rudal Joint Air-to-Surface Standoff Missile – Extended Range (JASSM-ER) senilai US$235 juta ke Australia, menurut laporan berita.

Australian Aviation melaporkan bulan ini bahwa rudal jelajah siluman memiliki jangkauan 935 kilometer dan dapat dikerahkan dari pesawat tempur F-35 Lightning II atau F/A-18F Super Hornet Angkatan Udara Australia, membuat Australia banyak mencari kemampuan serangan jarak jauh.

Penjualan juga termasuk kontainer dan peralatan pendukung.

Sebelumnya, AS menyetujui potensi penjualan rudal anti-radiasi senilai $94 juta untuk menekan misi pertahanan udara musuh (SEAD) ke Australia, seperti yang dilaporkan oleh Defense Connect.

Di bawah penjualan itu, Australia dijadwalkan untuk menerima 15 putaran Rudal Anti-Radiasi Berkecepatan Tinggi (HARM) AGM-88, yang dirancang untuk menampung radar pertahanan udara musuh untuk menolak penggunaan sistem pertahanan udara musuh.

“Penjualan yang diusulkan ini akan mendukung kebijakan luar negeri dan tujuan keamanan nasional Amerika Serikat. Australia adalah salah satu sekutu terpenting kami di Pasifik Barat,” kata Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan AS (DSCA) dalam sebuah pernyataan dilansir dari Asia Times.

Meskipun Australia berjarak 7.400 kilometer dari China, Australia masih memandangnya sebagai ancaman terhadap nilai dan sistem demokrasinya.

Ini juga menganggap kemampuan militer China yang berkembang dan prospek terseret ke dalam konflik AS-China yang lebih besar di Pasifik sebagai ancaman kritis.

Dalam film dokumenter tahun 2021 oleh 60 Minutes Australia, Malcolm Davis, seorang analis senior di Australian Strategic Policy Institute (ASPI), berpendapat bahwa sistem otoriter China mengancam nilai-nilai demokrasi Australia.

Dia juga menambahkan bahwa Australia harus mendukung gerakan demokrasi di Taiwan dan berdiri bersama dengan AS untuk menjaga moral dan kredibilitas demokrasi sebagai sistem politik dan cara hidup.

Grant Newsham, seorang peneliti senior di Forum Jepang untuk Studi Strategis, mencatat bahwa pembangunan militer China dalam 40 tahun terakhir mungkin merupakan perkembangan tercepat dalam sejarah manusia, yang bertujuan untuk menggusur AS dari Pasifik dan kemudian mengamankan hegemoni global.

Sebuah studi tahun 2021 oleh Lowy Institute mencatat bahwa China sudah dapat menyerang Australia dari pangkalannya menggunakan pembom dan rudal jarak jauh dan bahwa asimetri antara kemampuan militer China dan Australia akan tumbuh seiring waktu.