Find Us On Social Media :

Sampai Bikin Pundak Panglima TNI Ditepuk Bocah SD, Tipe Pesawat T-50i Golden Eagle yang Jatuh di Blora Ternyata Pernah Renggut Nyawa Legenda 'Tanpa Tanding' TNI AU Ini

By Ade S, Selasa, 19 Juli 2022 | 13:36 WIB

Ilustrasi korban jatuhnya pesawat T-501 Golden Eagle. Saat pankat Panglima TNI ditepuk-tepuk bocah kelas 6 SD.

Intisari-Online.com - Pesawat T-50i Golden Eagle jatuh di Blora pada Senin (18/7). Jenis pesawat yang sama juga pernah terlibat kecelakaan yang membuat pundak seorang panglima TNI ditepuk-tepuk bocah kelas 6 SD.

Peristiwa nahas tersebut terjadi pada 10 Agustus 2020, saat pesawat bernomor ekor TT 5006 tergelincir di landasan pacu Lanud Iswahjudi, Kabupaten Magetan.

Terdapat dua korban dalam peristiwa tersebut, yaitu Letkol Pnb. (Anm.) Luluk Teguh "Wiggler" Prabowo sebagai instruktur dan Letda Pnb Muhammad Zacky sebagai siswa.

Keduanya kemudian langsung mendapatkan dilarikan ke RSPAU Dr. S. Hardjolukito, Yogyakarta untuk mendapatkan perawatan.

Namun, Letkol Luluk kemudian dinyatakan meninggal dunia pada tanggal 2 September 2020 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Lalu, apa hubungannya peristiwa nahas tersebut dengan ditepuk-tepuknya pundak Panglima TNI yang berisi pangkat militernya oleh seorang anak kelas 6 SD?

Sebelumnya diketahui bahwa pesawat T-50-1 sempat dinyatakan hilang kontak di Blora pada Senin (18/72022) pukul 19:25 WIB.

Dalam keterangan resminya, Kepala Penerangan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Iswahjudi Kapten Sus Yudha Pramono menyatakan bahwa pesawat tersebut hulang kontak setelah take off dari Lanud Iswahjudi, sekitar pukul 18:24.

Lost contact sekitar 19.25 WIB,” kata Yudha seperti dilansir kompas.com (19/72022).

Pesawat tersebut, menurut Yudha, jatuh saat sedang menjalankan misi night tactical intercept.

Hingga kemudian warga geger usai penemuan sebuah pesawat yang diduga jatuh di tengah hutan di Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Laporan warga yang juga menyebutkan terdengarnya suara ledakan tersebut langsung ditindaklanjutin oleh pihak kepolisian yang kemudian mengonfirmasi jatuhnya pesawat T-50i Golden Eagle.