Find Us On Social Media :

Jadi Buronan Seantero Negeri Karena Dianggap Tak Becus Pimpin Negara Hingga Sebabkan Kebangrutan Sri Lanka, Kenapa Presiden Sri Lanka Pilih Kabur ke Singapura ?

By Afif Khoirul M, Minggu, 17 Juli 2022 | 17:42 WIB

Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa melarikan diri

Intisari-online.com - Menurut kantor berita AP, Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa dan istrinya meninggalkan negara itu semalaman.

Kemudian tiba di Maladewa pada pagi hari tanggal (14/7), ke sebuah resor pribadi, dan kemudian terbang ke Singapura pada sore hari tanggal (14/7).

Pertanyaannya kenapa Gotabaya memilih pergi dari Maladewa ke Singapura?

Rajapaksa belum memberikan alasan resmi, namun menurut Indian Express.

Keluarga Rajapaksa memiliki banyak koneksi di Singapura, baik Mahinda maupun Gotabaya datang ke sini secara rutin untuk alasan medis.

Presiden Gotabaya Rajapaksa menjalani operasi jantung di Rumah Sakit Mount Elizabeth Singapura pada Mei 2019, beberapa bulan sebelum ia memenangkan pemilihan presiden.

Pada Desember 2021, ia menangguhkan Parlemen selama empat minggu dan melakukan perjalanan ke Singapura lagi untuk pemeriksaan kesehatan.

Mantan Perdana Menteri Mahinda Rajapaksa juga mendapat perawatan di Singapura.

Baca Juga: Pantas Indonesia Geram Sampai Bekukan Pengiriman TKI Ke Malaysia, Terbongkar Kebobrokan Negeri Jiran Sebabkan Kematian Ratusan Warga Negara Indonesia, Hingga Perlakuan Bak Binatang Ini

Mengenai situasi di Sri Lanka, pada tanggal (15/7) Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe dilantik sebagai penjabat Presiden, menggantikan Gotabaya Rajapaksa.

Sebelumnya pada tanggal (14/7), setelah tiba di Singapura, Rajapaksa mengajukan pengunduran dirinya melalui email dan pada tanggal (15/7).

Ketua Parlemen Sri Lanka, Tuan Mahinda Yapa Abeywardana, mengumumkan pengunduran diri Presiden Rajapaksa.