Find Us On Social Media :

'Mereka Percaya Nabi Adam Turun di Wilayahnya,' Berikut Kisah Asal-usul Warga Baduy di Pedalaman Banten dalam Berbagai Versi

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 11 Juli 2022 | 07:00 WIB

Suku Baduy

Intisari-Online.com - Masyarakat suku Baduy atau yang juga disebut orang Kanekes mendiami kawasan Pegunungan Kendeng, di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Saat ini warga Suku Baduy mendiami wilayah tanah ulayat seluas 5.130,8 hektar.

Seluruh wilayahnya masuk ke dalam administratif Desa Kanekes.

Berdasarkan data dari Desa Kanekes, jumlah penduduk Baduy kini mencapai sebanyak 11.700 warga di Baduy Luar dan 1.500 warga di Baduy Dalam.

Mereka terbagi menjadi dua kelompok, yaitu Baduy Luar dan Baduy Dalam.

Mereka mendiami 65 kampung dan tiga kampung di Baduy Dalam yakni Cikeusik, Cikertawana dan Cibeo.

Asal-usul mereka yang paling terkenal adalah kisah warga Baduy merupakan keturunan Kerajaan Pajajaran yang mengasingkan diri ke wilayah Pegunungan Kendeng di Banten Tengah pada abad ke-12. 

Dalam buku 'Potret Kehidupan Masyarakat Baduy' oleh Djoewisno, disebutkan awal mula pengasingan terjadi saat wilayah Banten dikuasai oleh Sunan Gunung Jati yang membawa misi menyebarkan agama Islam.

Sejumlah orang yang dipimpin oleh Prabu Pucuk Umun memilih melarikan diri ke arah selatan Pulau Jawa (Banten), meninggalkan istana kerajaan mereka yang disebut Megah.

Dalam pelariannya selama berhari-hari, rombongan itu kemudian tiba di hulu Sungai Ciujung di jantung Pegunungan Kendeng.

Tempat itu kini disebut sebagai Panembahan Arca Domas atau Petak 13.