Find Us On Social Media :

Ngeri! Disebut-Sebut Bisa Ciptakan Tsunami Cuma Dari Gelombangnya Saja, Kapal Selam dengan Senjata Nuklir Milik Rusia Ini Tiba-Tiba Dikerahkan, Apa Tujuannya ?

By Afif Khoirul M, Senin, 11 Juli 2022 | 07:40 WIB

Foto Ilustrasi - Kapal selam Akula milik Rusia.

Intisari-online.com  - Angkatan Laut Rusia pada (8/7) menerima kapal selam nuklir K-329 Belgorod.

Kapal tersebut memiliki kemampuan untuk membawa enam torpedo nuklir "Dewa Laut" (Poseidon).

Menurut surat kabar Rusia RT, kapal selam nuklir terpanjang di dunia K-329 Belgorod secara resmi diserahkan kepada Angkatan Laut Rusia pada (8/7).

Upacara serah terima berlangsung di galangan kapal Sevmash di kota Severodvinsk.

Komandan Angkatan Laut Rusia Laksamana Nikolai Yevmenov menghadiri upacara tersebut, berterima kasih kepada galangan kapal atas penyelesaian kapal selam nuklir unik Rusia.

K-329 adalah kapal selam nuklir multiguna, keduanya berfungsi sebagai kapal penelitian dan kapal selam nuklir strategis yang membawa enam torpedo nuklir.

Yevmenov mengatakan Belgorod "membuka peluang baru bagi Rusia, memungkinkan berbagai ekspedisi ilmiah dan operasi penyelamatan di daerah paling terpencil di lautan."

Kapal selam ini multiguna untuk Proyek 09852 Belgorod.

Baca Juga: Tak Ada Jalan Lain Selain Senjata Nuklir, Ukraina Disebut-Sebut Hanya Bisa Menyelesaikan Konflik dengn Rusia Hanya Dengan Senjata Nuklir Karena Tindakan Rusia Ini

Kapal ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1992 sebagai kapal selam nuklir kelas Oscar II.

Kapal ditutup pada Desember 2012 dengan banyak perbaikan.

Lambungnya memanjang secara signifikan, membantu membawa kendaraan bawah air tak berawak, kendaraan penyelamat laut dalam (DSRV), serta kapal selam kecil seperti AS-31 Losharik.