Find Us On Social Media :

Gemar Beri Utang Sana-Sini, China Mendadak Guyurkan Uang Senilai Rp44 Triliun Ke Dana Kekayaan Indonesia, Terungkap Uang Sebanyak Itu Ternyata Untuk Hal Ini

By Afif Khoirul M, Rabu, 6 Juli 2022 | 15:05 WIB

Ilustrasi. Jebakan utang China.

Intisari-online.com - China merupakan negara yang gemar memberikan utang sana-sini, termasuk Indonesia pun tak luput dari utang China.

Menurut Chanel News Asia, Silk Road Fund (SRF) China mendandatangani perjanjian untuk kerangka kerja dengan Indonesia.

Menginvestasikan hingga 20 miliar Yuan, (Rp44 triliun), dalam dana kekayaan negara Indonesia, pada Senin (4/7).

Lantas untuk apa uang sebanyak itu diguyurkan China ke Indonesia?

Menurut laporan, perjanjian tersebut memungkinkan untuk investasi di semua sektor terbuka untuk orang asing di Indonesia.

Khususnya mempromosikan konektivitas antara negara, Otoritas Investasi Indonesia (INA) dan SRF.

"Kami percaya bahwa investasi di Indonesia dan kawasan memiliki potensi yang tinggi, apalagi jika dilakukan bersama-sama dengan INA," kata Yanzhi Wang, presiden SRF.

Tidak seperti banyak dana kekataan negara lainnya, yang mengelola kelebihan pendapatan minyak atau cadangan devisa.

Baca Juga: Baru Sadar Indonesia dan Asia Tenggara Bisa Diajak Kerjasama Lewat Ekonomi, Negara Barat Siapkan Inisiatif Infrastruktur Ini Guna Kalahkan Inisiatif Belt and Road China di Asia Tenggara

Model bisnis INA berusaha menarik investor asing untuk mendanai pembangunan ekonomi.

Uni Emirat Arab, berjanji menginvestasikan 10 miliar dollar AS dengan INA, setelah dana kekayaan diluncurkan pada Februari 2021.

Pihak berwenang Indonesia mengatakan lembaga global lainnya seperti US International Development Finance Corporation dan Japan Bank for International Cooperation juga telah menyatakan minatnya untuk menjadi co-investor.