Find Us On Social Media :

Makamnya Jadi Makam Paling Mewah di Antara Pemimpin Mesopotamia, Inilah Makam Ratu Puabi, Segelnya Terbuat dari Lapis Lazuli, Kunci Penting Peradaban Sumeria

By May N, Selasa, 5 Juli 2022 | 17:06 WIB

Terbuat dari lapis lazuli, inilah segel Ratu Puabi yang ditemukan di makamnya di Ur, sekarang Irak. Penemuan ini jadi bukti peradaban Sumeria

Intisari - Online.com - Pada akhir 1920-an, jauh di gurun Irak selatan, arkeolog Inggris Leonard Woolley menemukan makam Mesopotamia paling mewah yang pernah ditemukan.

Kerangka berusia 4.500 tahun itu terbungkus emas dan batu mulia.

Cincin emas menghiasi setiap jari, ikat pinggang emas melingkari pinggang dan hiasan kepala emas dengan daun tempa rumit dan bunga berdiri menghiasi kepala.

Tiga mayat lagi, mungkin pelayan, menemani makam-makam kerajaan, seperti dilansir dari atlasobscura.com.

Tetapi barang-barang kuburan yang megah bukanlah satu-satunya alasan penemuan itu mengguncang dunia pada awal abad ke-20: makam ini milik seorang wanita.

Ratu Pu-abi, sebuah nama yang dibawa turun-temurun berkat segel lapis-lazuli yang disematkan pada pakaian pemakamannya, hidup pada puncak kekuasaan Ur sekitar 2600 SM.

Pada masanya, negara-kota kuno memegang kekuasaan luas di Sumeria, sebuah wilayah yang terletak di antara Tigris dan Efrat.

Perdagangan di Ur berkembang dan rute perdagangan meluas dari India modern ke Sudan.

Sebagai pelabuhan utama untuk barang-barang India, Ur mengumpulkan kekayaan dalam jumlah besar.

Meskipun tidak ada dokumen kontemporer yang menyebutkan Pu-abi, para cendekiawan percaya bahwa dia mungkin telah memerintah dengan haknya sendiri karena stempelnya tidak menyebutkan suami.

Melansir ranker.com, Puabi adalah seorang ratu dari dinasti Meskalamdug Sumeria yang kekuasaannya berkisar antara 2550 sampai 2400 SM.

Segel dan berbagai artefak lain ditemukan dalam kuburannya di Ur.