Find Us On Social Media :

Musnahkan Para Alkemis yang Ciptakan Ramuan Keabadian, Inilah Kaisar Muzong, Kaisar dari Dinasti Tang dengan Pemerintahan Singkat

By Khaerunisa, Sabtu, 2 Juli 2022 | 20:15 WIB

Kaisar Muzong dari Dinasti Tang.

Intisari-Online.com - Kaisar Muzong merupakan kaisar Dinasti Tang di Tiongkok yang memerintah dari tahun 820 hingga 824.

Lahir sebagai Li You, yang kemudian diubah namanya menjadi Li Heng, ia adalah putra Kaisar Xianzong.

Li You diangkat menjadi putra mahkota pada tahun 812 pada masa pemerintahan Kaisar Xianzong.

Kemudian, setelah Kaisar Xianzong diduga dibunuh oleh seorang kasim, Li Heng diangkat menjadi kaisar pada tahun 820.

Meski akhirnya diangkat menjadi putra mahkota dan naik takhta sebagai Kaisar Muzong, namun Li You awalnya bukan favorit ayahnya.

Li You lahir pada tahun 795, pada masa pemerintahan kakek buyutnya Kaisar Dezong.

Pada saat itu, ayahnya Li Chun adalah Pangeran Guangling, dan kakeknya Li Song adalah putra mahkota Kaisar Dezong.

Ibu Li You, Putri Guo, adalah istri Li Chun dan cucu dari jenderal terkemuka Guo Ziyi —orang tuanya adalah putra Guo Ziyi, Guo Ai dan Putri Shenping, saudara perempuan Kaisar Dezong.

Baca Juga: Kecantikan Yang Guifei, Selir Kaisar Xuanzong yang Hidupnya Berakhir Tragis Lantaran Harus Mengakhiri Hidupnya di Lereng Bukit untuk Meredam Para Tentara

Baca Juga: Terjun dari Menara Tinggi Usai Terus Mempertahankan Posisi Pentingnya dalam Kekaisaran, Inilah Kisah Tragis Salah Satu Selir Kaisar Xianzong

Sebagai putra Selir Guo, Li You dianggap oleh pejabat kekaisaran sebagai pewaris yang tepat, tetapi tidak bagi ayahnya, Kaisar Xianzong.

Ketika para sarjana kekaisaran, yang dipimpin oleh Li Jiang, meminta Kaisar Xianzong menjadikannya putra mahkota pada tahun 809, Kaisar Xianzong tidak menurutinya.