Find Us On Social Media :

Cuma Presiden Jokowi yang Diberi Tahu, Sebenarnya Apa Pesan yang Disampaikan Presiden Ukraina ke Vladimir Putin yang Dititipkan Kepada Presiden Indonesia ?

By Afif Khoirul M, Sabtu, 2 Juli 2022 | 10:51 WIB

Presiden Jokowi temui Presiden Rusia Vladimir Putin.

Intisari-online.com - Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia dinilai langkah nyata menjalankan perintah konstitusi.

Seperti yang tertera dalam pembukaan UUD 1945, Indonesia harus ikut menicptakan perdamaian dunia, seperti dikutip dari Kompas.com.

Alhasil di tengah situasi genting ini, Presiden Indonesia nekat melakukan kunjungan ke dua negara yang sedang baku hantam itu.

Yaitu, Rusia dan Ukraina, yang kini tengah kemudian temui dua pemimpin negara tersebut.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga menjadi sosok yang memberikan pesan khusus dari Volodymyr  Zelensky ke Vladimir Putin.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pada (1/7) bahwa pesan yang disampaikan presiden Ukraina kepada presiden Rusia melalui presiden Indonesia "bukanlah pesan teks".

"Ini bukan pesan teks. Ini satu-satunya hal yang bisa saya katakan kepada Anda," kata Peskov ketika diminta oleh Tass untuk mengungkapkan rincian pesan tersebut.

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Indonesia Joko Widodo mengadakan pembicaraan di Kremlin pada (30/6).

Baca Juga: Sampai Temui 2 Presiden yang Sedang Baku Hantam, Tak Disangka Begini Kondisi Kondisi Dunia Saat Jokowi Temui Vladimir Putin dan Volodymyr Zelensky

Presiden Joko Widodo kemudian mengungkapkan bahwa dia telah menyampaikan pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kepada Putin.

Lalu menyatakan keinginannya untuk membantu melanjutkan proses dialog antara kedua pemimpin.

Sebelum mengunjungi Moskow, Presiden Jokowi pergi ke Kiev untuk bertemu dengan Presiden Ukraina.