Find Us On Social Media :

Sampai Temui 2 Presiden yang Sedang Baku Hantam, Tak Disangka Begini Kondisi Kondisi Dunia Saat Jokowi Temui Vladimir Putin dan Volodymyr Zelensky

By Mentari DP, Sabtu, 2 Juli 2022 | 08:30 WIB

Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Intisari-Online.com - Presiden Indonesia Joko Widodo atau yang lebih dikenal sebagai Presiden Jokowi, tiba di Kyiv pada hari Rabu (30/6/2022) menggunakan kereta.

Sesuai jadwal Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy atau Zelensky.

Pertemuan ini menjadikan Presiden Jokowi sebagai pemimpin Asia pertama yang mengunjungi negara itu sejak Rusia melancarkan invasinya pada akhir Februari.

Saat tiba di Peron 1 Stasiun Pusat Kyiv, Presiden Jokowi disambut oleh beberapa pejabat Ukraina.

Sebelum bertemu dengan Zelensky di kantornya, Presiden Jokowi menuju puing-puing kompleks apartemen di Irpin, sebuah kota dekat Kyiv yang mengalami kehancuran besar-besaran pada hari-hari awal invasi Rusia, sebelum bertemu dengan Zelensky.

Setelah pertemuan itu, Presiden Jokowi akan kembali ke Polandia dengan kereta yang sama di kemudian hari.

Presiden Indonesia itu akan terbang ke Moskow setelahnya untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Teuku Faizasyah, juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, mengatakan kepada DW bahwa Presiden Jokowi akan bertemu Putin pada hari Kamis.

Tetapi dia menolak untuk membocorkan rincian mengenai agenda pertemuan tersebut.

"Kami memahami bahwa situasi saat ini masih sangat rumit. Dunia juga memahami kompleksitas masalah yang dihadapi," kata Teuku Faizasyah dalam sebuah pernyataan.

Mengurangi dampak perang

Perjalanan Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia berlangsung setelah ia menghadiri KTT G7 di Pegunungan Alpen Bavaria sebagai tamu.