Find Us On Social Media :

Tiba-tiba Jadi Sosok Penting Bagi Dunia, Jokowi Targetkan Dirinya Bisa Ciptakan Perdamaian dan Hentikan Perang Rusia-Ukraina, Rupanya Diundang dalam Pertemuan Elit Pemimpin Dunia Ini

By May N, Rabu, 29 Juni 2022 | 12:54 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Intisari - Online.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan ikut dalam misi perdamaian ke Ukraina dan Rusia pada 29 - 30 Juni 2022.

Sebelumnya, Jokowi menghadiri pertemuan Negara Mitra G7 di Jerman.

Dilansir dari Antara, Pertemuan G7 diadakan pada 26-27 Juni, mendiskusikan gangguan pada pasokan pangan global dan Perang Rusia-Ukraina, di antara hal lainnya.

Presiden dan ajudan-ajudannya meninggalkan Jerman untuk bertolak ke Polandia pada 28 Juni, di mana dia nanti memasuki Ukraina, seperti diinformasikan oleh Kementerian Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi.

Dia diharapkan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv pada 29 Juni dan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow diadakan pada 30 Juni mendatang.

Sebelum keberangkatannya ke Jerman, Jokowi mengatakan kepada media-media Indonesia bahwa misinya ke Ukraina dan Rusia adalah untuk melakukan dialog dalam upaya mengakhiri perang dan mencapai solusi damai.

"Perang harus dihentikan dan pasokan pangan global perlu diaktifkan kembali," ujarnya.

Dalam Pertemuan G7, Jokowi mengutip data dari Program Pangan Dunia (WFP) menunjukkan bahwa setidaknya 323 juta orang penduduk beberapa negara sedang dalam risiko krisis pangan.

G7 dan G20 memiliki tanggung jawab besar menangani krisis ini, paparnya.

Jokowi menekankan pentingnya dukungan negara-negara G7 untuk reintegrasi ekspor gandum Ukraina dan ekspor pangan dan pupuk Rusia ke dalam rantai pasokan global.

Gangguan pasokan pupuk dari Rusia dapat mengganggu budidaya beras yang berdampak pada dua miliar manusia terutama di negara berkembang, seperti dipaparkan Jokowi.

Presiden Jokowi juga menggarisbawahi dua cara menangani masalah ini.