Find Us On Social Media :

Bergerak Senyap Tanpa Ketahuan Dunia, Siapa Sangka Militer AS dan CIA Diam-Diam Menyusup Lakukan Tugas Berbahaya Ini Dalam Perang Rusia-Ukraina

By Afif Khoirul M, Rabu, 29 Juni 2022 | 06:55 WIB

Tentara Amerika Serikat, salah satu tentara terkuat di dunia.

Intisari-online.com - Dalam konteks dominasi militer Rusia di Donbass, kemampuan Ukraina untuk melawan semakin bergantung pada dukungan Amerika Serikat dan sekutunya.

Untuk membantu Ukraina, AS telah membentuk jaringan komando dan mata-mata untuk melakukan operasi rahasia di luar garis depan.

Menurut New York Times, meski menyatakan tidak akan campur tangan langsung dalam konflik Ukraina.

AS tetap mengirimkan sejumlah mata-mata Central Intelligence Agency (CIA) ke negara itu.

Jaringan mata-mata AS di Ukraina beroperasi terutama di Kiev, bertugas mengoordinasikan sejumlah besar intelijen yang diperoleh dari medan perang.

Selain itu, mereka juga menerima dan memberikan informasi intelijen yang diperoleh Amerika Serikat ke Kiev.

Meskipun Amerika Serikat belum secara terbuka mengungkapkan bahwa CIA beroperasi di Ukraina, kehadiran mata-mata diketahui Rusia, New York Times melaporkan.

Pada bulan Februari, Washington menarik 150 ahli militer Amerika dari Ukraina sebelum Rusia melancarkan operasi militer.

Baca Juga: Sri Lanka Bangkrut: Setelah Kehabisan Bensin hingga Ratusan Ribu Warga Antre Berjam-jam di SPBU, Kini Minta Diskon Minyak Rusia

Namun, beberapa pasukan komando AS tetap berada di Ukraina.

Tiga pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan kepada New York Times bahwa kelompok itu ditugaskan untuk melatih dan memberi nasihat kepada militer Ukraina, serta menengahi bantuan militer Washington.

Surat kabar Amerika juga melaporkan bahwa, tak lama setelah Rusia melancarkan operasi militer, unit komando ke-10 tentara AS (yang ditempatkan di Ukraina) diam-diam diperintahkan untuk mendirikan stasiun untuk mengoordinasikan bantuan senjata Barat.