Find Us On Social Media :

Jadi Pendukung Invasi Rusia, Saran dari Sekutu Dekat Putin Soal Aktivitas NATO Ini Justru Ditolak Mentah-mentah oleh Putin

By Tatik Ariyani, Minggu, 26 Juni 2022 | 09:38 WIB

Presiden Rusia Vladimir Putin

Intisari-Online.com - Saat Rusia meluncurkan invasi ke Ukraina pada 24 Februari 2022 lalu, sekutu utama Rusia, Presiden Belarus Alexander Lukashenko membela invasi tersebut.

Belarus berbagi perbatasan dengan Ukraina dan Rusia mengirim pasukan dari sana ketika meluncurkan invasi.

Presiden Vladimir Putin sendiri telah membantu Lukashenko mempertahankan kekuasaannya pada 2020 setelah hasil pilpres yang disengketakan memicu aksi protes massa.

Pada gilirannya, Lukashenko memberikan dukungannya terhadap invasi Rusia.

Para kritikus mengatakan bahwa dia tidak lebih dari pengikut dan kaki tangan Putin.

Dalam wawancaranya dengan AP, Lukashenko mengatakan bahwa Putin tidak punya pilihan selain bertindak karena Ukraina memprovokasi Rusia.

Meski demikian, dia juga menyampaikan bahwa invasi tersebut tidak berjaan sesuai rencana dan berlarut-larut.

Meski hubungan Putin dan Lukashenko dekat, tak lantas semua saran dari Lukashenko disetujui oleh Putin.

Melansir RT, Sabtu (25/6/2022), Putin tidak mendukung saran Lukashenko untuk menawarkan "tanggapan cermin" untuk pelatihan penerbangan pesawat NATO.

Pada hari Sabtu, selama pertemuannya dengan Putin di Saint Petersburg, Lukashenko berbagi keprihatinannya atas pesawat AS dan NATO “yang dilatih untuk membawa hulu ledak nuklir dan muatan nuklir.

Lukashenko meminta Putin untuk mempertimbangkan untuk memberikan tanggapan atas hal-hal ini, atau setidaknya untuk membantu Minsk mengupgrade pesawatnya.

Putin menanggapi proposal tersebut dengan mengatakan bahwa sementara "tidak perlu" untuk tanggapan balik.