Find Us On Social Media :

Warga Jakarta Selamanya Tak Bisa Lepas dari Masker, Walaupun Covid-19 Sudah Bisa Ditangani, Ternyata Masih Diperintahkan Pakai Masker, Ancaman Lebih Besar Hantui Jakarta

By May N, Kamis, 23 Juni 2022 | 11:07 WIB

Polusi udara Jakarta membuat warga Jakarta harus memakai masker

Intisari - Online.com - Warga Indonesia belum lama ini diperbolehkan melepas masker di ruang terbuka, yang diizinkan oleh Presiden Joko Widodo, karena kasus Covid-19 mulai melandai.

Agaknya, hal ini tidak berlaku untuk warga Jakarta yang tetap diimbau menggunakan masker ketika berada di luar ruangan, atau di area terbuka.

Penyebabnya bukanlah penularan Covid-19 yang naik lagi.

Imbauan untuk memakai masker di luar ruangan ternyata dilakukan guna menghindari dampak buruk polusi udara di Jakarta.

Nyatanya, beberapa hari terakhir ini indeks kualitas udara di Jakarta memburuk dan menunjukkan kualitas yang tidak sehat.

"Kalaupun harus keluar rumah gunakan selalu masker karena kualitas udara di Jakarta sedang kurang bagus," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto di Jakarta, dilansir dari Antara, Rabu (22/6/2022).

Penggunaan kendaraan bermotor

Buruknya kualitas udara di Jakarta dinilai Kuswanto bermula karena penggunaan kendaraan bermotor yang mulai meningkat seiring dengan meningkatnya pergerakan warga.

Kuswanto meminta warga turut berkontribusi kurangi polusi udara di Jakarta, dengan melakukan uji emisi kendaraan enam bulan sekali.

Data dari situs Dinas Lingkungan Hidup menunjukkan jumlah kendaraan yang sudah melakukan uji emisi selama 2022 mencapai 155.000 kendaraan.

Kuswanto mengimbau juga agar masyarakat menggunakan bahan bakar ramah lingkungan, dan juga warga Ibu Kota disarankan beralih menggunakan kendaraan umum atau transportasi massal.

"Jakarta sendiri sumber emisi terbanyak itu ada di emisi bergerak sampai 75 persen sehingga memang kami mengimbau kepada seluruh warga untuk mengurangi membawa kendaraan pribadi tetapi menggunakan transportasi umum," katanya.