Find Us On Social Media :

Jadi Titik Aman Rusia di Eropa, Kaliningrad Malah Bisa Jadi Titik Perang Selanjutnya untuk Rusia-Ukraina, Kehadiran Senjata Mematikan di Sana Bisa Memicu Kehancuran Eropa

By May N, Rabu, 22 Juni 2022 | 09:01 WIB

Kaliningrad, wilayah terisolasi di Balkan yang ditakutkan pakar jadi titik perang Rusia-Ukraina selanjutnya

Intisari - Online.com - Ketegangan meningkat di sekitar eksklave Rusia Kaliningrad, sebuah wilayah yang terisolasi namun signifikan secara strategis di pantai Baltik yang dapat segera terseret ke dalam perang Kremlin.

Rusia telah bereaksi dengan marah setelah Lithuania melarang lewatnya barang-barang yang dikenai sanksi melintasi wilayahnya dan ke Kaliningrad.

Tetapi Lithuania mengatakan itu hanya menegakkan sanksi Uni Eropa, dan blok Eropa telah mendukungnya.

Perselisihan itu sekarang mengancam untuk meningkatkan ketegangan antara Moskow dan UE, yang telah meluncurkan beberapa paket sanksi terhadap barang-barang Rusia.

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang Kaliningrad, sejarahnya, dan pentingnya bagi Rusia, dikutip dari CNN Internasional.

Apa yang memicu baris ini?

Sejak Rusia menginvasi Ukraina pada akhir Februari, para ahli khawatir Kaliningrad bisa menjadi titik nyala ketegangan antara Moskow dan Eropa.

Ini adalah wilayah paling barat Rusia, dan satu-satunya bagian dari negara yang dikelilingi oleh negara-negara Uni Eropa; Lithuania berdiri di antara itu dan Belarus, negara sekutu Rusia, sementara Polandia berbatasan dengannya di selatan.

Pada hari Senin, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan langkah itu belum pernah terjadi sebelumnya dan Rusia menganggapnya ilegal.

"Itu adalah bagian dari blokade, tentu saja," katanya.

Pejabat Rusia lainnya telah mengancam akan memberikan tanggapan.

Nikolai Patrushev, sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia, mengatakan, "Rusia pasti akan menanggapi tindakan permusuhan seperti itu.