Find Us On Social Media :

Bak Kehilangan Harapan Setelah Putra Satu-satunya Meninggal, Inilah Kisah Ratu Anne dari Bavaria, Ratu Bohemia yang Sulit Dipahami, Bikin ‘Minuman Cinta’ untuk Suaminya yang Berakibat Fatal

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 21 Juni 2022 | 13:00 WIB

Anne dari Bavaria, yang sulit dipahami.

Intisari-Online.com – Dari empat istri Kaisar Romawi Suci Charles IV, istrinya yang kedua Anne dari Bavaria, adalah kisah yang paling sedikit diketahui.

Tidak mengherankan bila tidak banyak yang diketahui tentang dia, karena dari empat istri Charles, dialah satu-satunya yang tidak memberi Charles anak yang selamat sejak kecil.

Dia juga menikah dengan Charles untuk waktu yang paling singkat, tidak lebih dari empat tahun.

Anne (Anna) dari Bavaria, juga dikenal sebagai Anne/Anna dari Palatinate, dia lahir pada 26 September 1329, sebagai anak tunggal dari Rudolf II, Pangeran Palatinate dari Rhine, dan  Anne dari Carinthia-Tyrol.

Pada awal 1349, Charles dari Luksemburg, Raja Bohemia, sedang mencari istri baru.

Istri pertamanya, Blanche dari Valois, meninggal pada Agustus 1348, yang meninggalkan dua putri.

Maka Charles membutuhkan seorang putra.

Charles juga seorang penuntut Kekaisaran Romawi Suci, dia terpilih sebagai saingan Raja Romawi pada tahun 1346, dan pada tahun 1347, setelah kematian Kaisar Louis IV, jalan menuju takhta kekaisaran terbuka baginya.

Namun, Wittelsbach, dinasti kaisar lama, masih menentang Charles dan memilih raja saingan.

Karena Wittelsbach adalah salah satu keluarga kekaisaran yang paling kuat, maka Charles perlu memenangkan mereka untuk menjadi kaisar.

Ayah Anne, Rudolf, juga berasal dari dinasti Wittelsbach dan merupakan keponakan mendiang Kaisar Louis.

Maka Charles dan Rudolf segera mencari kompromi, dan pernikahan dengan putri Rudolf yang berusia 19 tahun itu pun diatur.