Find Us On Social Media :

Ditinggal Sendirian oleh Para Menterinya Saat Musuh Serang Istana, Ini Kaisar Sun Hao yang Kejam, Eksekusi Banyak Saudara dan Orang-orang yang Bersalah Padanya

By Tatik Ariyani, Sabtu, 18 Juni 2022 | 12:12 WIB

Kaisar Sun Hao

Intisari-Online.comSun Hao (memerintah 264-280) memiliki nama kehormatan Sun Yuanzong, adalah kaisar terakhir dari dinasti Wu (222-280).

Sun Hao adalah putra Pangeran Sun He dan mengikuti Kaisar Jing naik takhta.

Dia memiliki kesempatan untuk menjadi kaisar karena putra Kaisar Jing, Sun Wan masih kecil.

Saat itu kerajaan Shu baru saja dihancurkan oleh kerajaan Wei, sehingga istana kerajaan Wu sangat diguncang oleh kecemasan.

Sun Hao dipengaruhi oleh Komandan Kontrol Tentara Kiri Wan Yu yang memfitnah Kepala Penasihat Puyang Xing dan jenderal Zhang Bu.

Janda Permaisuri Zhu pun mengkhawatirkan kelangsungan dinastinya.

Melansir chinaknowledge.de, Sun Hao dikenal sebagai orang yang sangat kejam dan melakukan balas dendam yang kejam pada semua orang yang sebelumnya bermasalah dengannya.

Pihak yang bermasalah dengan Sun Hao termasuk bagian besar dari semua pangeran dan menteri.

Pada tahun 264, Sun Hao membunuh Puyang Xing dan Zhang Bu, setahun kemudian Janda Permaisuri Zhu dan putranya, Sun Wan.

Dia memindahkan ibu kota dari Jianye (Nanjing modern, Jiangsu) ke Wuchang (Echeng modern, Hubei), tetapi istana sudah kembali pada tahun berikutnya.

Sun Hao dikenal karena kehidupannya yang mewah dan sembrono.

Dia menyatakan sebuah dekrit bahwa semua keluarga besar harus mengirimkan anak perempuan ke istana untuk diperiksa, dan tanpa prosedur ini mereka tidak memenuhi syarat untuk menikah.