Find Us On Social Media :

Sudah Jelas India Punya Hubungan Baik dengan Rusia, Ukraina Masih Berharap India Bakal Berikan Bantuan

By Tatik Ariyani, Minggu, 5 Juni 2022 | 18:53 WIB

PM Narendra Modi dan Presiden Vladimir Putin

Intisari-Online.comIndia dan Rusia telah memiliki hubungan dekat selama beberapa dekade.

Menurut Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm, New Delhi adalah pembeli utama senjata Rusia pada tahun 2021.

Bulan lalu, Reuters melaporkan bahwa India telah menerima 34 juta barel minyak Rusia yang didiskon sejak Februari, lebih dari 10 kali nilai total impor dari negara itu tahun-ke-tahun.

Selama kunjungan ke India pada awal April, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menggambarkan hubungan antara kedua negara sebagai “kemitraan strategis yang kuat.”

Secara politik, India sejauh ini tetap netral, menahan diri untuk tidak secara terbuka mengutuk atau mendukung salah satu pihak yang berkonflik.

Tidak seperti banyak negara, New Delhi tidak memberlakukan sanksi terhadap Rusia.

India juga berulang kali abstain mengutuk tindakan Rusia dalam pemungutan suara di Majelis Umum Dewan Keamanan PBB dan Dewan Hak Asasi Manusia.

New Delhi telah menyerukan "kedaulatan dan integritas teritorial negara "untuk dihormati, dan mendesak "segera penghentian kekerasan dan permusuhan" di Ukraina.

Meski demikian, Ukraina berharap bantuan dari India.

Ukraina mengharapkan India untuk memberikan lebih banyak bantuan kemanusiaan, serta berpartisipasi dalam rekonstruksi negara itu setelah pertempuran berakhir, surat kabar India The Hindu melaporkan pada hari Jumat, mengutip sumber-sumber diplomatik.

Artikel tersebut mengutip seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya – tampaknya orang Ukraina – yang mengatakan bahwa selain menjadi penjamin keamanan untuk Ukraina, Kyiv "juga mengharapkan bahwa India akan berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan pasca perang."

Melansir Russian Today, Minggu (5/6/2022), diplomat anonim itu menambahkan bahwa lebih banyak bantuan kemanusiaan, obat-obatan, dan beberapa bantuan teknis dan keuangan dari pihak New Delhi akan sangat dihargai juga.