Find Us On Social Media :

Lihat Ini di Ponselnya Sendiri Usai Lakukan Hubungan Intim dengan Istri, Pria Ini Mendadak Hilang Ingatan, 'Benar-benar Hilang Begitu Saja'

By May N, Minggu, 29 Mei 2022 | 13:25 WIB

Ilustrasi Pasien amnesia

Intisari - Online.com - Dalam sebuah insiden menjijikkan, seorang pria Irlandia berusia 66 tahun dilarikan ke rumah sakit dengan amnesia jangka pendek setelah berhubungan intim dengan istrinya.

Kasus anomali dianalisis dalam edisi Mei Jurnal Medis Irlandia, diterbitkan Rabu, dan dokter menjelaskan bahwa jenis kelamin adalah pemicu amnesia jangka pendek-secara resmi dikenal sebagai Transient Global Amnesia (TGA).

Mayo Clinic mendefinisikan TGA sebagai "sebuah episode amnesia global sementara yang tiba-tiba yang tidak disebabkan oleh neuropati yang lebih umum seperti epilepsi atau stroke".

Dalam kasus pria Irlandia ini, jurnal medis melaporkan bahwa dia kehilangan ingatan jangka pendeknya 'dalam waktu 10 menit setelah melakukan hubungan seksual.

Setelah hubungan seksual mereka, pria itu memperhatikan tanggal di ponselnya dan dia 'tiba-tiba menjadi sedih karena dia melupakan ulang tahun pernikahannya sehari sebelumnya.'

Meskipun pria itu telah merayakan acara khusus malam sebelumnya, dia tidak tahu tentang itu.

"Dia berulang kali menanyai istri dan putrinya tentang kejadian pagi itu dan hari sebelumnya," menurut jurnal itu.

Kondisi langka seperti ini biasanya menyerang orang berusia antara 50 dan 70 tahun dan memiliki kemampuan untuk "menghilang begitu saja" dari kejadian baru-baru ini.

Beberapa orang yang mengalami TGA mungkin tidak ingat apa yang terjadi setahun yang lalu.

Orang yang terkena biasanya mendapatkan kembali ingatan mereka dalam beberapa jam.

Dalam hal ini, memori jangka panjang subjek tidak terganggu, dan mampu memberikan nama, usia, dan informasi latar belakang dasar lainnya.

Pria tersebut sebelumnya pernah mengalami TGA pada tahun 2015, dan kejadian ini juga terjadi tak lama setelah berhubungan seks.