Find Us On Social Media :

Korupsi Gila-Gilaan, Sampai Jadikan Kaisar Sebagai Boneka, Inilah Kasim Wei Zhongxian, Pelayan Kaisar yang Berakhir Dieksekusi Mati Lalu Tubuhnya Dipotong-Potong, Karena Kejahatannya

By Afif Khoirul M, Sabtu, 28 Mei 2022 | 16:15 WIB

Ilustrasi. Wei Zhongxian, salah satu kasim paling dibenci dalam sejarah Tiongkok.

Intisari-online.com - Wei Zhongxian tercatat dalam sejarah Kekaisaran Tiongkok sebagai kasim Tiongkok yang paling korup dan kejam yang pernah hidup, selain menjadi yang paling sukses.

Pada puncaknya, Wei disapa sebagai "Penguasa Sembilan Ribu Tahun", gelar yang menempatkannya di urutan kedua setelah "Penguasa Sepuluh Ribu Tahun" yaitu kaisar.

Selama masa pemerintahan Kaisar Dinasti Ming Tianqi, semua dekrit kekaisaran juga disampaikan oleh Wei dan dikeluarkan atas nama kaisar dan namanya.

Begitu besar kekuatannya sehingga kuil-kuil bahkan dibangun atas namanya.

Praktik semacam itu secara terbuka melanggar nilai-nilai tradisional Konfusianisme dan dianggap tidak dapat dimaafkan.

Di balik layar, sebagian besar kekuatan Wei Zhongxian berasal dari hubungan dekatnya dengan Kaisar Tianqi dan Nyonya Ke, yang terakhir adalah perawat basah kaisar.

Tianqi adalah seorang kaisar yang tidak efektif, jauh lebih tertarik pada pertukangan daripada masalah istana.

Dia juga secara emosional bergantung pada Wei dan Ke.

Baca Juga: Prosedur Rumit Kaisar Cina Makan Hidangan Istana, Seorang Kaisar Akan Disediakan 120 Hidangan di Istana, Namun Hanya Boleh Makan 3 Potong Saja, Sisa Makannya Akan Berakhir Begini

Beberapa sejarawan mengklaim Tianqi menganggap duo jahat itu sebagai orang tua penggantinya.

Cengkeraman Wei Zhongxian atas kekuasaan dan urusan negara akan berlangsung jauh lebih lama jika Kaisar Tianqi tidak meninggal secara tiba-tiba pada usia 21 tahun.

Karena kaisar tidak memiliki ahli waris yang masih hidup, saudara laki-laki Tianqi dinobatkan sebagai Kaisar Chongzhen.