Find Us On Social Media :

Jabatannya Cuma Kasim yang Dikebiri Pada Masa Mudanya, Namun Malah Jadi Duri yang Menjatuhkan Dinasti Qin, Inilah Zhao Gao, Kasim Licik yang Berhasil Membuat Dinasti Qin Hancur dari Dalam

By Afif Khoirul M, Rabu, 25 Mei 2022 | 16:04 WIB

Ilustrasi Zhao Gao

Intisari-online.com - Salah satu episode paling ironis dalam sejarah Kekaisaran Tiongkok adalah betapa singkatnya Dinasti Qin.

Meskipun menyatukan Tiongkok untuk pertama kalinya dalam sejarah yang tercatat, rumah Kaisar Qin Shihuang hanya bertahan selama 15 tahun.

Banyak alasan di balik kejatuhan yang cepat ini, pertama dan terutama karena pemberontakan strategis yang dipimpin oleh panglima perang legendaris seperti Xiang Yu dan Liu Bang.

Hingga masalah internal yang muncul dari dalam istana Dinasti Qing.

Secara internal, istana Qin juga diperangi oleh perebutan kekuasaan yang sengit, dengan pesaing terburuk dalam perjuangan ini adalah Perdana Menteri Li Si dan Ajudan Kekaisaran/Kasim Zhao Gao.

Sebagai keturunan jauh dari Negara Zhao yang ditaklukkan, Zhao Gao diduga dikebiri pada usia muda karena kejahatan orang tuanya.

Setelah itu, ia terus naik dalam kekuasaan dan pangkat, sampai-sampai pada saat kematian Qin Shihuang, ia adalah salah satu tokoh paling kuat di Cina.

Zhao memiliki kekuatan politik setelah melakukan cara licik yaitu menggunakan Rusa yang diakuinya sebagai Kuda.

Pada saat itu Zhao Gao sedang mempertimbangkan pengkhianatan tetapi takut pejabat lain tidak akan mengikuti perintahnya, jadi dia memutuskan untuk menguji mereka terlebih dahulu.

Dia membawa seekor rusa dan mempersembahkannya kepada Kaisar Kedua tetapi dia  menyebutnya kuda.

Kaisar Kedua tertawa dan berkata, "Apakah Zhao mungkin salah, menyebut rusa sebagai kuda?"

Kemudian kaisar menanyai orang-orang di sekitarnya.