Find Us On Social Media :

Tidur Siang, Ini Manfaatnya

By MeetDoctor, Kamis, 5 Maret 2015 | 12:00 WIB

Tidur Siang, Ini Manfaatnya

Intisari-Online.com - Tidur siang adalah hal yang penting bagi beberapa orang. Terlebih lagi bagi anak-anak. Pada usia dini, anak-anak justru disarankan untuk lebih banyak tidur, terutama tidur siang.Lalu adakah manfaat dari tidur siang? Pada dasarnya manusia merupakan makhluk monophasic sleepers, yang artinya setiap hari manusia menjalani pembagian 2 periode waktu yang terdiri dari waktu tidur dan waktu terbangun.

Akan tetapi, hal tersebut biasnya terjadi pada orang dewasa saja. Pasalnya, pada anak-anak dan lansia lah yang hanya memiliki waktu untuk tidur siang, karena pada waktu siang hari orang dewasa melakukan aktivitas di luar rumah atau bekerja. Dan, tidur sang terbagi dalam tiga hal, yaitu:

1. Tidur siang yang direncanakan serta dilakukan walaupun Anda tidak mengantuk. Nah, biasanya tidur siang jenis ini dilakukan pada saat waktu tidur malam Anda terganggu atau untuk mengusir lelah yang mungkin datang lebih awal pada hari tersebut.

2. yang kedua, adalah jenis tidur siang darurat. Atau dengan kata lain tidur siang yang dilakukan ketika terjadi rasa lelah atau mengantuk yang tiba-tiba menyerang menyerang dan Anda tidak sanggup melanjutkan aktivitas. Nah, jenis tidur siang speerti ini biasanya diperlukan saat menyetir atau menggunakan peralatan yang dapat menimbulkan potensi bahaya.

3. Ketiga adalah jenis tidur siang yang menjadi kebiasaan setiap hari seperti pada anak-anak dan orang dewasa serta dilakukan usai makan siang.

Nah, untuk waktu tidur siang yang ideal adalah berkisar 20-30 menit. Waktu tersebut dinggap efektif dan tidak akan mengganggu waktu istirahat Anda di malam hari. Selain itu, lingkungan yang tidur siang yang tenang dan sunyi pun dapat membantu memaksimalkan tidur siang Anda.

Nah, berikut beberapa manfaat dari tidur siang yang bisa Anda dapatkan:

  1. Dapat memberikan rehat sejenak bagi pikiran dan tubuh serta membuatnya menjadi lebih rileks.
  2. Mengembalikan kesigapan dan kesegaran tubuh, sehingga kesalahan dalam pekerjaan dan kecelakaan pekerjaan pun akan berkurang.
  3. Mengombinasikan tidur siang dan minuman berkafein untuk tetap terjaga di malam hari merupakan cara paling efektif bagi Anda yang bekerja di malam hari.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui tidur siang pun bisa merugikan juga. Misalnya saja seperti tidur siang yang dilakukan lebih dari 30 menit dapat membuat seseorang kebingungan kebingungan melakukan aktivitas sesudah bangun tidur siang dan mengganggu jam tidur malam sehingga Anda tidak bisa tidur lelap dalam waktu yang lama.