Find Us On Social Media :

Kembali Jadi Presiden Timor Leste, Dulu Ramos-Horta Malah Dituduh Antek Indonesia, Nyaris Dihukum Mati Jika Tak Diselamatkan Negara Afrika Ini

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 20 Mei 2022 | 19:26 WIB

Jose Ramos-Horta

Intisari-Online.com - Presiden Timor Leste yang baru dilantik, Jose Ramos-Horta, berjanji untuk memperkuat persatuan nasional.

Ramos-Horta merupakan salah satu tokoh kemerdekaan Timor Leste sekaligus peraih Nobel.

Dia dilantik menjadi Presiden Kelima Timor Leste pada Jumat (20/5/2022) dini hari.

Dia sebelumnya pernah menjabat sebagai Presiden Timor Leste pada 2007-2012 dan Perdana Menteri Timor Leste serta Menteri Luar Negeri Timor Leste sebelum itu.

Ribuan orang menyaksikan pelantikan Ramos-Horta di Ibu Kota Timor Leste, Dili, sebelum tengah malam dalam sebuah upacara yang penuh dengan kembang api dan tembakan meriam.

Ramos-Horta menuturkan, dia akan mewakili semua orang Timor Leste dan berusaha untuk membangun kembali persatuan nasional setelah kebuntuan politik yang berkepanjangan di parlemen.

Ramos-Horta, yang meraih kemenangan dalam putaran kedua pemungutan suara bulan lalu, mengatakan hubungan dengan Indonesia, Australia, dan kawasan harus menjadi agenda utama nasional.

Namun tahukah Anda bahwa Jose Ramos-Horta berhutang nyawa pada Mozambik?

Karena para pejabat dari negara Afrika menyelamatkannya dari eksekusi selama pembersihan internal pada tahun 1980.

Setelah invasi Indonesia, elemen-elemen Fretilin menjadi semakin radikal, menekankan interpretasi fundamentalis terhadap Marxis-Leninisme.

Pada pertengahan 1977 seruan untuk revolusi rakyat di sepanjang garis Mao dimulai.

Ironisnya, tuduhan fundamentalisme komunis dan kecenderungan Maois yang digunakan oleh Indonesia untuk membenarkan invasi tersebut terwujud sebagai akibat dari invasi tersebut.