Find Us On Social Media :

Warganya Sudah Tak Tertolong Hingga Diklaim Hanya Tinggal Siapkan Liang Lahat untuk Puluhan Ribu Jasad, Kim Jong-Un Malah Dituduh Semringah, Terkait Pupuk Manusia?

By Ade S, Jumat, 20 Mei 2022 | 09:21 WIB

Ilustrasi Kim Jong-Un.

Intisari-Online.com - Korea Utara mengklaim sudah mengirim pesawatnya ke China untuk bisa mendapatkan bantuan medis usai dihantam wabah Covid-19.

Namun, beberapa pihak menilai upaya tersebut sia-sia bahkan ada yang menyebutnya hanya basa-basi.

Hal ini merujuk pada pendapat pakar yang menyatakan bahwa penanganan Covid-19 di Korut sudah terlambat.

Uniknya, di tengah kekhawatiran masyarakat dunia tentang kondisi Korut, banyak pihak meyakini bahwa Kim Jong-Un justru malah semringah dengan kondisi yang ada.

Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Simak uraiannya berikut ini.

Seperti diketahui, Korea Utara, negeri yang sangat terisolasi dari dunia luar, baru saja mengumumkan wabah Covid-19.

Sebuah fakta yang tentu saja membuat dunia terkejut sekaligus khawatir luar biasa.

Mengejutkan karena wabah Covid-19 di negara ini 'terlambat' lebih dari dua tahun dibandingkan negara-negara lain di seluruh dunia.

Namun, di sisi lain, kondisi tersebut juga sangat mengkhawatirkan karena selama ini rakyat Korut tidak pernah memperoleh vaksinasi Covid-19.

Sementara fasilitas kesehatan mereka, berdasarkan laporan ahli, jauh dari kata memadai.

Sebenarnya secercah harapan muncul pada Senin (16/5) saat Korea Utara telah menerbangkan pesawatnya ke tetangga sekaligus sahabat terdekatnya, China.

Seperti dilaporkan Yonhap, tiga pesawat Air Koryo terbang ke Kota Shenyang, China, dan terbang kembali ke Korut pada keesokan harinya.