Find Us On Social Media :

Lidahnya Bak 'Dituntun' oleh Jiwa yang Tertekan Dosa Besar pada Rakyat Negeri Islam, Mantan Presiden AS Ini 'Keseleo Lidah' Justru saat Ingin Bela Ukraina

By May N, Kamis, 19 Mei 2022 | 17:38 WIB

Perang Irak hantui mantan Presiden AS George W. Bush sampai salah sebut ketika mengecam perang Rusia-Ukraina

Intisari - Online.com - Ikut bicara dalam masalah serangan Rusia ke Ukraina, mantan Presiden Amerika Serikat (AS) George HW Bush mencerca serangan itu dan mengecam kepemimpinan Vladimir Putin.

Namun ia malah kelepasan mengucapkan invasi ilegal ke Irak.

Ini sama saja mengatakan apa yang dilakukannya ke Irak semasa memimpin AS, dan Bush seakan-akan masih dihantui oleh dosa lamanya menyerang Irak..

Insiden salah ucap ini terjadi saat Bush menyampaikan pidato di forum Institut George HW Bush, Rabu (18/5/2022).

Video yang tersebar luas di media sosial, dan teksnya dikutip Russia Today, Kamis (19/5/2022) memperlihatkan secara jelas insiden itu.

“Hasilnya adalah tidak adanya checks and balances di Rusia, dan keputusan satu orang untuk meluncurkan invasi brutal ke Irak yang sepenuhnya tidak dapat dibenarkan – maksud saya Ukraina,” kata Bush.

Ia rupanya langsung menyadari kesalah ucapnya, dan menjelaskan maksudnya. Penonton terdengar tertawa saat peristiwa itu terjadi dan Bush kembali menggumamkan “Irak ” sesudah itu.

Dia lantas menghubungkan kesalahan itu terkait usianya. "Saya 75", sebelum melanjutkan pidatonya.

Bush kemudian memuji kepemimpinan Ukraina ketika pertempuran di negara itu berlanjut ke bulan ketiga.

Pada satu titik Bush menjuluki Presiden Volodymyr Zelensky sebagai pria kecil yang keren dan "Church (Winston Churchill) abad ke-21," kata Bush membandingkannya dengan pemimpi Inggris semasa PD 2.

Sebagai Presiden AS, George W Bush meluncurkan invasi Irak tahun 2003 yang dengan cepat menggulingkan pemerintahan Saddam Hussein di Baghdad.

Perang Irak vs AS