Find Us On Social Media :

Tanpa Mengangkat Senjata, Negara Sekutu Rusia Ini Koar-koar Sebut Barat Sedang Lakukan Perang Hibrida, Organisasi Sekutu Rusia Ini Lakukan Pertemuan Membahas Hal Ini

By Tatik Ariyani, Selasa, 17 Mei 2022 | 15:28 WIB

Presiden Belarusia Alexander Lukashenko

Intisari-Online.com - Sejak Rusia meluncurkan invasi di Ukraina, Barat semakin memusuhi negara tersebut.

Bahkan, menurut sekutu Rusia, Barat sedang mengobarkan perang tanpa perlu mengangkat senjata. Kok bisa?

Pada Senin, pemimpin Belarusia Alexander Lukashenko mengatakan bahwa Barat telah mengobarkan perang hibrida penuh melawan Belarus dan Rusia.

"Tatanan dunia unipolar menjadi sesuatu dari masa lalu, namun Barat kolektif mengobarkan perang agresif untuk mempertahankan posisinya," kata presiden Belarusia, berbicara pada pembukaan pertemuan puncak CSTO, melansir TASS, Senin (16/5/2022).

"Itu menggunakan segala cara, termasuk di zona tanggung jawab organisasi kami - mulai dari mengancam penggunaan senjata NATO di sepanjang perbatasan barat kami hingga mengobarkan perang hibrida penuh, terutama melawan Rusia dan Belarusia," katanya.

Menurut presiden Belarusia, pertemuan para pemimpin CSTO saat ini sedang diadakan di masa sulit dari pembagian ulang dunia ketika NATO "secara agresif membangun kekuatannya," berusaha untuk memasukkan negara-negara netral dan bertindak di bawah prinsip Anda-bersama-kami-atau-melawan-kami dan "dengan munafik terus menyatakan sifat defensifnya."

"Posisi Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) yang benar-benar defensif dan damai sangat kontras dengan latar belakang ini," tegasnya.

"Jelas bahwa tidak ada satu negara pun yang menjadi ancaman bagi blok Atlantik Utara."

Lukashenko mencatat bahwa partisipasi Belarus di Uni dengan Rusia dan di CSTO telah menyadarkan lawan potensialnya di Barat.

"Kalau tidak, saya khawatir perang panas akan meletus di Belarus. Omong-omong, mereka mencoba melakukannya pada tahun 2020," tambahnya.

Negara-negara Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) sendiri melakukan pertemuan yang berlangsung di Moskow pada hari Senin.

Melansir TASS, Senin (16/5/2022), menurut materi yang disiapkan untuk acara tersebut oleh Kremlin, para pemimpin negara-negara dalam CSTO akan membahas kerja sama militer dan biosekuriti yang lebih dalam selama KTT untuk menandai peringatan 30 tahun organisasi tersebut.