Find Us On Social Media :

Zelensky Bersumpah 'Selangkah Demi Selangkah Akan Mengusir Rusia,' NATO Yakin Ukraina Akan Menang Perang Lawan Rusia

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 16 Mei 2022 | 17:30 WIB

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (mengenakan pakaian taktis abu-abu, di tengah)

Intisari-Online.com - Hampir tiga bulan setelah Rusia menginvasi Ukraina, pasukan Moskwa rupanya menghadapi “kemacetan” di palagan perang.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Kamis (5/5/2022) meluncurkan platform penggalangan dana global, untuk membantu Kyiv memenangi perang melawan Rusia dan membangun kembali infrastruktur negara itu.

Saat Moskwa kehilangan kekuatannya di bidang diplomatik, pasukan Rusia juga gagal memperoleh keuntungan teritorial di Ukraina timur.

Ukraina mengatakan, pihaknya menahan serangan Rusia di timur.

Zelensky bersumpah bahwa selangkah demi selangkah, mereka akan memaksa penjajah meninggalkan tanah Ukraina.

Tentara Rusia dan Ukraina juga tengah terlibat dalam pertempuran sengit untuk memperebutkan jantung industri timur Ukraina, Donbass.

Tentara Ukraina yang berpengalaman dan memiliki perlengkapan terbaik telah memerangi separatis yang didukung Moskwa di timur selama delapan tahun.

Di sisi lain, sebagaimana diwartakan Kompas.com, beberapa negara justru mengumumkan ketertarikannya untuk bergabung dengan NATO pasca-invasi Rusia ke Ukraina.

Sejumlah diplomat top dari NATO bertemu di Berlin, Jerman, beserta kepala aliansi menyatakan bahwa perang di Ukraina tidak berjalan seperti yang direncanakan Moskwa.

“Ukraina dapat memenangi perang ini,” kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg melalui tautan video dalam pertemuan itu.

Dia menambahkan bahwa NATO harus terus menawarkan dukungan militer kepada Kyiv, sebagaimana dilansir CBS News, Minggu (15/5/2022).

Di bidang diplomatik, Finlandia dan Swedia mengambil langkah-langkah yang membawa mereka lebih dekat menjadi anggota NATO meski Rusia keberatan.