Find Us On Social Media :

Dok, Apa yang Harus Saya Dilakukan Agar Kulit Selalu Tampil Muda?

By dr. Nafiah Chusniyati, M.Sc, SpKK, Senin, 8 Mei 2017 | 10:00 WIB

Setelah kulit bersih, pijat kulit dengan pelembab bebas minyak selama satu atau dua menit

Intisari-Online.com - [...]

T: Apa yang harus dilakukan agar kulit tampil muda dan bagaimana melakukan perawatan antipenuaan dini? (Tatik, Bogor)

(Baca juga: Sahabat Soekarno Ini Pernah Menghadapi 638 Kali Percobaan Pembunuhan dan Semuanya Gagal, Apa Rahasianya?)

J: Manusia akan mengalami penuaan. Proses penuaan ini antara lain tampak dari kerutan dan keriput pada kulit atau kemunduran lainnya dibanding ketika masih muda. Proses penuaan pada kulit dapat terjadi melalui proses:

  1. Penuaan proses alami (penuaan intrinsik, penuaan kronologis): penuaan yang terjadi secara menyeluruh karena bertambahnya usia, proses yang tidak dapat dihindari. Gejala utamanya berupa gangguan fisiologis kulit berupa kulit yang menipis, kering, kasar, keriput, kendor, disertai munculnya tumor jinak di kulit dan bila terjadi trauma akan pulih lebih lama. 
  2. Penuaan akibat paparan kronis sinar matahari (photoaging, penuaan ekstrinsik, penuaan dini): ditandai dengan kulit yang menebal, kering, kasar, pigmentasi tidak beraturan berupa bercak kecoklatan maupun bercak putih di kulit, keriput yang dalam, muncul pembuluh darah halus di permukaan kulit, mudah terjadi pedarahan di kulit (memar), munculnya komedo dan juga pembesaran kelenjar sebasea. Kelainan kulit akibat penuaan dini ini tidak bersifat menyeluruh, cenderung terjadi pada kulit yang terpapar sinar UV terus menerus seperti wajah, leher, lengan, dan tungkai bagian luar (sun exposed area).

Banyak faktor dari luar yang mempengaruhi penuaan kulit, tetapi yg terkuat adalah sinar matahari, khususnya sinar ultra violet (UV),  merokok, konsumsi alkohol dan faktor lingkungan lain.

(Baca juga: Tips Mengatasi Pori-pori Besar dan Kulit Sensitif)

Kebiasaan memakai baju tertutup, pemakaian pelindung kepala,dan bekerja di dalam ruang memiliki efek pencegahan penuaan dini akibat paparan UV yang lebih sedikit.

Untuk mencegah dan menangani penuaan dini dapat dilakukan dengan perawatan kulit (skin care) dan pengobatan (skin treatment).

Perawatan kulit (skin care)

  1. Pengaturan gizi yg cukup (cegah radikal bebas): tinggi protein, rendah lemak & karbohidrat, cukup vitamin (A, B, B6,C, D, E)
  2. Cegah paparan langsung sinar matahari. Jika beraktivitas di luar ruangan pada pukul 10.00 - 15.00 gunakan tabir surya (sunscreen)
  3. Perawatan kulit memakai bahan kosmetik:
    • Membersihkan wajah (cleansing): gunakan sabun wajah pada saat mandi pagi, dilanjutkan dengan pemakaian penyegar setelah mandi. Gunakan cleansing milk untuk membersihkan make up pada siang dan malam hari, bilas dengan washlap basah, dilanjutkan dengan sabun dan penyegar.
    • Melembabkan wajah (moisturizing): gunakan pelembab sesuai jenis kulit, yang mengandung antioksidan seperti grape seed extract, vitamin C dan vitamin E
    • Melindungi wajah (Protection). Gunakan tabir surya minimal SPF 15 yang tidak mengandung PABA untuk melindungi kulit dari sinar UV matahari.
    • Melakukan pengelupasan (peeling, scrubbing, exfoliating). Scrub merupakan bagian penting dalam perawatan kulit karena membantu melepaskan lapisan kulit mati dan membantu regenerasi kulit. Efek yang diperoleh kulit menjadi halus, tidak kusam, dan cerah. Dilakukan maksimal 2 x dalam seminggu

(Baca juga: Mengapa Kulit Penis dan Puting Berwarna Lebih Gelap daripada Kulit Tubuh Lainnya?)

Pengobatan (skin treatment)

  1. Photoprotection: gunakan tabir surya.
  2. Kosmetik berbahan aktif (Cosmeceutical): asam retinoat, asam alfa hidroksi (AHA).
  3. Prosedur Rejuvenasi: chemical peeling, radiofrekuensi, mikrodermabrasi, laser rejuvenasi.