Find Us On Social Media :

Perang Tak Kunjung Kelar, Ternyata Dampaknya Tidak Sembangaran Eropa Mulai Panik, Sementara China Prediksi Dunia Akan Alami Kondisi Ini Akibat Perang Rusia-Ukraina

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 13 Mei 2022 | 18:42 WIB

(Ilustrasi) Xi Jinping Temui Putin saat Ketegangan dengan Barat Meningkat. China-Rusia mengeluarkan pernyataan bersama.

Intisari-Online.com - Presiden Finlandia Sauli Niiniste dan Perdana Menteri Sanna Marin mengatakan pada hari Kamis bahwa pendaftarannya ke NATO seharusnya berjalan lancar tanpa ditunda-tunda.

Menurut mereka, bergabung dengan NATO dapat membuat negaranya aman.

Tak hanya Rusia yang khawatir, China juga cemas dan melihat fenomena ini sebagai betuk ekspansi NATO.

Melansir Ria.ru, Jumat (13/5), Zhou Bo, Mantan kepala Pusat Kerjasama Keamanan Internasional Kementerian Pertahanan Republik Rakyat Tiongkok, mengatakan bahwa semakin kuat NATO, Eropa semakin tidak aman.

Zhou Bo menekankan bahwa konflik bersenjata di Ukraina membawa angin segar bagi NATO. 

Bulan Februari lalu, Kanselir Jerman Olaf Scholz menciptakan dana pertahanan khusus sebesar 100 miliar euro dan mengumumkan bahwa Berlin akan membelanjakan dua persen dari PDB per tahun untuk pertahanan - sesuai dengan persyaratan Brussel.

Anggota aliansi NATO lainnya juga berjanji untuk meningkatkan pengeluaran militer. 

Menurut pakar China, ini akan berdampak buruk tidak hanya bagi Eropa, tetapi juga keamanan dunia.

Ancaman militer dan ekonomi

"Ekspansi dengan mengorbankan Finlandia dan Swedia bukanlah konsekuensi dari operasi militer khusus Rusia di Ukraina,” kata pakar militer Alexei Leonkov. 

"Biarkan saya mengingatkan Anda bahwa pada tahun 2020, Jens Stoltenberg, berbicara tentang strategi NATO baru hingga 2030, menekankan bahwa ini bukan lagi hanya aliansi militer Eropa."

"Perwakilan dari Taiwan, Korea Selatan, Jepang dan Australia secara teratur mengunjugni Brussel untuk pertemuan puncak."