Find Us On Social Media :

Sejarah Kerajaan Kutai Hanya Bisa Diketahui dari Peninggalan Benda Ini

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 14 Mei 2022 | 14:40 WIB

Sumber sejarah Kerajaan Kutai, hanya diketahui dari yupa ini.

Intisari-Online.com – Inilah sejarah kerajaan Kutai, yang dianggap sebagai kerajaan tertua di Nusantara, kerajaan Hindu tertua di Indonesia.

Sejarah Kerajaan Kutai, merupakan kerajaan bercorak Hindu yang tertua di Indonesia.

Sekitar abad ke-4, kerajaan Kutai didirikan dengan mengambil tempat di daerah Muara Kaman di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

Keberadaan Kerajaan Kutai ini diketahui berdasarkan sumber sejarah yang ditemukan, yaitu tujuh Prasasti Yupa, yang ditulis dengan huruf Pallawa dengan Bahasa Sanskerta.

Di dalam Prasasti Yupa itu disebutkan bahwa nama Raja Kudungga disebut sebagai raja pertama yang menduduki takhta Kerajaan Kutai, dia juga memiliki seorang putra bernama Asmawarman, yang kemudian menjadi raja kedua Kutai.

Asmawarman memiliki tiga orang putra, salah satunya bernama Mulawarman yang kemudian menjadi raja dan berhasil membawa Kerajaan Kutai menuju masa kejayaannya.

Mulawarman disebut sebagai raja yang memiliki budi pekerti baik, kuat, dan pernah mengadakan upacara persembahan 20.000 ekor lembu untuk kaum Brahmanan yang bertempat di Waprakecvara.

Waprakecvara merupakan tempat suci (keramat), adalah sinkretisme antara kebudayaan Hindu dengan kebudayaan Indonesia.

Karena keturunan Asmawarman, maka Mulawarman juga melakukan upacara Vratyastoma, yaitu upacara penyucian diri untuk masuk pada kasta Ksatria.

Upacara penghinduan yang dilakukan pada masa pemerintahan Mulawarman ini dipimpin oleh pendeta/kaum Brahmana dari orang Indonesia asli.

Ini membuktikan bahwa kemampuan intelektualnya tinggi, karena Bahasa Sanskerta bukanlah bahasa rakyat sehari-hari.

Di bawah kekuasaan  Raja Mulawarman pula kehidupan ekonomi kerajaan mengalami perkembangan pesat dari sektor pertanian dan perdagangan yang letaknya sangat strategis.