Find Us On Social Media :

Kecantikannya Sampai Bikin Kaisar China Tersohor Rela Bangunkan Masjid Untuknya, Inilah Selir Rong, Putri Uighur yang Hidupnya Justru Berakhir Tragis di Tangan Ibu Suri

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 10 Mei 2022 | 18:30 WIB

Selir Rong, putri Uighur yang akhir hidupnya tragis di tangan Ibu Suri.

Intisari-Online.com – Dikenal sebagai selir Rong dari Xinjiang, kecantikan putri Uighur ini tersohor ke seluruh stepa dan Pegunungan Tian Shan.

Bahkan, banyak orang memanggilnya selir ‘wangi’ karena bau tubuhnya yang sangat harum.

Banyak sumber yang mengatakan bahwa nama aslinya adalah Nur Elan Nurhan, istri dari seorang panglima perang suku Uighur yang dikalahkan tentara Kekaisaran Qing.

Dia diculik dan dipersembahkan untuk Kaisar Qianlong di Peking, sang penguasa China yang memerintah dari tahun 1735 hingga 1795.

Ketika melihat kecantikan Nur, Kaisar Qianlong pun jatuh cinta seketika.

Dia kemudian membangun istana dengan taman yang mirip dengan suasana di Xinjiang, kampung halaman putri.

Bahkan, Kaisar membangun sebuah masjid dan bangunan lain bergaya Uighur untuk membuat wanita cantik itu merasa betah tinggal di tempat itu.

Rupanya semua perhatian Kaisar Qianlong tidak membuat Nur alias Selir Rong luluh hatinya.

Dia benar-benar tidak pernah membuka hatinya untuk Qianlong, bahkan tak pernah mau ditiduri seperti halnya selir-selir yang lain.

Hingga pada suatu hari Kaisar yang mabuk masuk ke kamar Selir Rong dan bermaksud melampiaskan nafsu berahinya.

Tetapi dengan sigap Selir Rong mengeluarkan belati yang disembunyikannya, hingga melukai tangan Kaisar dan membatalkan niatnya.

Pada zaman itu, melukai Kaisar berarti pelanggaran berat dan pelakunya pasti dihukum mati dengan cara sadis, namun Qianlong memaafkan Selir Rong karena rasa cintanya.